PEKANBARU - Sebanyak 100 personel Satuan Brimob Polda Riau diberangkatkan ke Papua untuk melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

100 Personel Brimob Polda Riau itu akan bertugas dibawah kendali operasi (BKO) Polda Papua. Mereka akan dibagi untuk melaksanakan tugas di 2 wilayah, yakni di Distrik Kenyam Kabupaten Ndunga dan di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, selama 6 bulan kedepan.

Dua daerah itu merupakan daerah operasi, disana pasukan BKO akan melaksanakan tugas patroli dan pengamanan daerah rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Lalu melaksanakan penebalan di Polsek-polsek yang rawan gangguan KKB ataupun daerah rawan konflik sosial.

Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman masyarakat, dan menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif diwilayah penugasannya serta membantu persiapan pembentukan Polres Intan Jaya.

Pasukan dari Polda Riau yang akan bertugas dibawah pimpinan Komandan Batalyon Penugasan, KOMPOL AFRIZAL, ada 5 Kompi diantaranya 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Penugasan Sat Brimob Polda Riau, 1 SSK Penugasan Sat Brimob Polda Kepri, 1 SSK Penugasan Sat Brimob Polda Jabar, 1 SSK Penugasan Sat Brimob Polda Gorontalo, 1 SSK Penugasan Sat Brimob Polda Maluku.

Adapun pelepasan 100 personel Brimobda Riau itu, ditandai dengan penyerahan bendera merah putih, sebagai lambang NKRI.

"Pagi ini saya melepas Penugasan 100 personel Sat Brimob Polda Riau untuk menjalankan tugas negara. Saya berikan bendera merah putih ini sebagai lambang keutuhan NKRI, ini kita maknai sebagai panggilan tugas kepada Nusa dan bangsa dan kepada kesatuan Brimob. Kita adalah prajurit yang loyal kepada bangsa Indonesia, saya menekankan untuk menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy, Selasa (11/8/2020).

Kapolda Riau berharap agar 100 personel Brimob yang berangkat, selama penugasan tidak ada letusan senjata api di Papua. Namun tetap menjalankan protap pengamanan untuk keberhasilan tugas.

"Ayomi masyarakat, mereka semua adalah saudara saudara kita. Saya berdoa kepada Allah SWT, rekan rekan semua yang berangkat sebanyak 100 personil, harapan saya tentu pulangnya juga lengkap 100 personil," pinta Kapolda.

Terakhir Kapolda berpesan, agar para personel menjagaga kedisiplinan, karena disiplin merupakan roh dari pasukan.

"Saya titip kepada seluruhnya untuk saling melindungi, dan saling menjaga satu sama lain, selamat bertugas,"tutup Kapolda. ***