JAKARTA - Pertandingan Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19, Sabtu (02/07/22) berakhir imbang 0-0. Laga Piala AFF U-19 2022 yang mempertemukan dua jagoan ASEAN, Timnas Indonesia vs Vietnam di partai pembuka juga disaksikan langsung Ketua PSSI Mochamad Iriawan, atau Iwan Bule .

Dalam laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, ini, Skuad Garuda memulai dengan baik dengan sebuah serangan yang dilancarkan oleh Hokky Caraka dari sisi kanan pertahanan Vietnam. Timnas Indonesia terus mencoba mengurung pertahanan Vietnam, dengan satu umpan dari gelandang andalan tim U-19, Marselino Ferdinan, masih mampu dipotong oleh Cao Van Binh.

Serangan Timnas Indonesia U-19 pada pertandingan ini mengandalkan Ronaldo Kwateh yang coba menusuk dari sisi sayap kanan pertahanan Vietnam. Akan tetapi, belum ada peluang berarti yang mampu dibuat olehTimnas Indonesia U-19 dan bola masih mampu diamankan oleh kiper Van Binh.

Selepas 15 menit pertandingan, baik Vietnam maupun Timnas Indonesia masih mencari pola permainan terbaik dengan beberapa kali melakukan umpan-umpan pendek. Namun demikian, ganti Vietnam kini menguasai pertandingan dengan mencoba memainkan bola di lini tengah.

Beberapa kali Timnas Indonesia U-19 mencoba melakukan pressing, meskipun usaha dari Ronaldo Kwateh kemudian berbuah pelanggaran. Memasuki menit ke-25, sebuah peluang didapat oleh Vietnam U-19 dari tendangan sudut yang kembali mampu disapu oleh pemain Timnas Indonesia U-19, Dimas Juliono. Satu peluang mampu didapat oleh skuad Garuda ketika peluang yang didapat oleh Alfriyanto Nico masih mampu ditepis oleh kiper Vietnam, Van Binh.

Memasuki 30 menit, Timnas Indonesia U-19 hanya mendapat satu peluang melalui Arkhan Fikri yang masih membentur bek Vietnam. Namun demikian, Vietnam juga ikut menekan dengan pergerakan dari lini tengah yang dilakukan oleh Nguyen Van Truong.

Tekanan Vietnam belum berhasil dan bola justru lebih banyak terpotong di lini tengah timnas Indonesia U-19. Vietnam justru melakukan pergantian pemain di menit ke-40 dengan memasukkan Nguyen Van Tu menggantikan Nguyen Anh Tu.

Timnas Indonesia U-19 pun mencoba melakukan tekanan dari sisi sayap melalui percobaan Subhan Fajri dan lini tengah melalui percobaan Marselino Ferdinan. Namun, lini tengah dan lini belakang Vietnam masih mampu menangkal serangan yang dibangun pasukan arahan Shin Tae-Yong.

Tekel krusial pun mampu dibuat oleh bek tengah, Muhammad Ferari untuk menyapu bola dari kotak penalti. Satu peluang didapat oleh pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh, yang sayangnya terjebak off side ketika menerima umpan Subhan Fajri dari sayap kiri.

Hingga babak pertama usai, kedudukan imbang 0-0 masih bertahan dalam pertandingan timnas U-19 Vietnam vs timnas U-19 Indonesia. Di babak kedua, pemain timnas U19 Indonesia, Rabbani Tasnim Siddiq, sejatinya mencetak gol pada menit ke-88 dalam laga timnas U19 Indonesia vs Vietnam pada laga perdana Grup A Piala AFF U19 2022.

Rabbani Tasnim memanfaatkan umpan dari Razza Fachrezi dari sisi kanan penyerangan. Akan tetapi, gol Rabbani tak dianggap lantaran Razza lebih dulu melakukan pelanggaran.

Razza mengambil bola atas dengan kaki dan berduel dengan kepala bek Vietnam. Kondisi itu membuat wasit memberikan pelanggaran kepada Indonesia. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan tetap imbang 0-0.

Susunan Pemain Timnas U19 Indonesia Vs Vietnam

Indonesia (3-5-2):

1-Cahya Supriadi (PG), 2-Ahmad Rusadi, 4-Muhammad Ferrari (C) (19-Marcell Januar 49'), 5-Kakang Rudianto; 7-Marselino Ferdinan, 8-Arkhan Fikri, 13-Dimas Juliono Pamungkas, 17-Subhan Fajri, 18-Alfriyanto Nico Saputro (28-Rabbani Tasnim Siddiq 61'); 9-Hokky Caraka (20-Razza Fachrezi Aziz 61'), 10-Ronaldo Kwateh. Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (4-3-3):

23-Cao Van Binh (PG); 3-Trinh Hoang Canh, 5-Dang Tuan Phong, 12-Nguyen Bao Long, 24-Nguyen Duc Viet; 7-Nguyen Anh Tu, 15-Nguyen Dinh Bac, 10-Khuat Van Khang (C); 9-Nguyen Quoc Viet (28-Nguyen Gua 71'), 14-Nguyen Can Truong, 21-Nguyen Hong Phuc.***