SIAK SRI INDRAPURA - Ribuan masyarakat, Istana Siak serta Sungai Siak menjadi saksi pelantikan 68 pengurus Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kabupaten Siak yang diketuai oleh Syamsurizal.

Sama dengan tahun lalu, acara pelantikan itu juga dimeriahkan oleh artis asal Sumatera Barat, Ipank. Bahkan Bupati Siak, Alfedri juga duet dengan Ipank membawakan lagu dangdut berjudul Sakit Gigi untuk menghibur masyarakat Siak.

Prosesi pelantikan yang berlangsung di Lapangan Siak Bermadah, Sabtu (16/11/2019) malam itu dipimpin langsung oleh Sekretaris Jendral IKMR Provinsi Riau, Marjoni Hendri.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri 6 pengurus inti IKMR dari Pekanbaru. Surat Keputusan (SK) untuk pengurus IKMR dibacakan oleh Darmansyah.

Usai dilantik, Ketua IKMR kabupaten Siak Syamsurizal mengatakan akan menjalankan roda organisasi sebaik mungkin untuk 5 tahun mendatang. Ia membutuhkan bantuan dan sumbang saran dari warga Minang yang berada di Siak.

"Kami bertekad ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Siak lebih maju lagi. Karena itu kami ingin bersinergi dengan Pemkab Siak, sebab Pak Bupati Siak merupakan induk semang bagi kami," kata dia.

Sementara itu, Marjoni Hendri takjub dengan tingginya antusias masyarakat Siak untuk memeriahkan pelantikan IKMR ini.

Ia mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Bupati Siak Alfedri dan Ketua DPRD Siak Azmi, Wakil Ketua DPRD Siak Fairus Ramli dan Androy Ade Rianda, serta pembina Bundo Kanduang yang juga angota DPRD Siak Gustimar.

"Sumpah kita di IKMR untuk menjalankan roda organisasi. Setelah dilantik ini pengurus IKMR Siak jangan seperti angek angek cik ayam. IKMR organisasi sosial kemasyarakatan yang berbasis kekeluargaan, tidak ada paksakaan, hanya orang-orang yang ikhlas yang akan menjalankan organisasi," kata dia.

Ia berkisah, umur IKMR sudah 50 tahun, berawal dari nama IKSB. Pada Mubes ke 3 IKSB di Pekanbaru, berubah nama menjadi IKMR. "Kita bukan orang Sumatra Barat lagi. Sebab KTP kita sudah KTP Riau. Artinya kita ini orang Riau yang bersuku Minang," kata dia.

IKMR juga merupakan wadah, didalamnya juga ada organisasi PKDP, Gonjong Limo, IKLA dan lain-lain. Ia juga memesankan IKMR Siak mendukung program Bupati Siak Alfedri, sebab IKMR ikut bertanggungjawab dalam rangka memajukan kabupaten Siak ini.

Sementara Bupati Alfedri merasa senang berada di dalam keluarga besar IKMR. Sebab bagi dia, IKMR bukanlah orang asing lagi. "Antusias sangat tinggi malam ini. Saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang sudah dilantik," kata dia.

Ia yakin IKMR semakin besar di Siak,dan berperan untuk ikut membangun kabupaten Siak. Apalagi ketua IKMR Siak Syamsurizal merupakan teman bermain bola sekaligus anak buah Alfedri. "Pak Syamsurizal ini sudah teruji kepribadiannya, beliau juga pengurus PSSI. Saya kira beliau mampu dan membuat IKMR Siak semakin jaya," kata dia.

Ia juga mengingatkan ketua IKMR bukan superman, tapi diminta IKMR menjadi super team. "Saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Syamsurizal IKMR Siak menjadi mitra yang baik Pemkab Siak. Kami juga siap menampung saran dan kritik dari warga IKMR demi pembangunan kabupaten yang kita cintai ini," kata dia. ***