POLEWALI MANDAR - Evakuasi seorang pasien diduga terinfeksi virus corona oleh petugas kesehatan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa melibatkan aparat TNI dan Polisi karena pihak keluarga pasien berusaha menghalangi.

Dikutip dari Kompas.com, pihak keluarga beralasan, pasien tersebut tidak terjangkit virus corona karena tidak menunjukkan gejala sakit.

Meski sempat mendapatkan perlawanan dari pihak keluarga, namun pasien tersebut akhirnya berhasil dievakuasi paksa oleh petugas kesehatan dan langsung dirujuk ke rumah sakit umum daerah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Polewali Mandar Andi Suaib Nawawi mengatakan, pasien tersebut merupakan warga yang baru saja pulang dari Malaysia, salah satu negara terpapar virus corona.

Puskesmas setempat telah melakukan rapid test sebanyak dua kali dan semua hasilnya menyatakan reaktif, meski pasien tersebut tidak menimbulkan gejala sakit.

''Dari hasil tes menggunakan rapid test sebanyak dua kali, pasien bersangkutan dinyatakan positif. Yang bersangkutan juga diketahui baru pulang dari Malaysia, makanya dijemput petugas tim kesehatan,'' jelas Andi Suaib Nawawi.

Saat ini pasien tersebut telah berada di ruang isolasi rumah sakit umum daerah setempat.

Rencananya, Diskes Polewali Mandar akan melakukan tes swab untuk mengetahui pasti apakah pasien tersebut positif terjangkit virus corona atau tidak.

Suaib menegaskan, jika memang hasil swab pasien tersebut terbukti positif, pasien tersebut akan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan nasional di Kota Parepare.***