PEKANBARU - Politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Riau, Rusli Effendi didorong kader PPP se-Provinsi Riau untuk maju di bursa Ketua Umum DPP PPP dalam muktamar yang akan digelar Desember mendatang.

Kepada GoRiau.com, Mantan Ketua DPW PPP Riau ini mengucapkan terimakasih kepada kader-kader di Riau yang mendorong dia untuk mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum PPP.

Menurutnya, dukungan ini merupakan sebuah penghargaan atas pengabdiannya selama ini di PPP, mulai dari jabatan ranting, PAC, DPC, DPW hingga sekarang sudah menjabat sebagai Ketua DPP dua periode.

Dukungan ini, lanjutnya, merupakan modal awal untuk dia dan dia akan terus membangun komunikasi politik agar langkahnya semakin kuat untuk maju. Apalagi, dia pernah menjabat sebagai Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di periode lalu.

"Tentu saya akan mulai dari Sumbagut dulu, jika dukungan ini terus mengalir, dengan segala kekurangan dan kelebihan saya siap maju. Jadi, itu tergantung komunikasi politik yang kita bangun nantinya. Dukungan dari Riau saya anggap sebagai modal dasar saya," ungkap Mantan Anggota DPRD Riau ini, Jumat (6/11/2020).

Rusli mengakui, banyak figur lain yang juga menyiapkan langkah untuk maju di bursa Ketum, tapi jika memang ada keinginan kuat dari bawah untuk menjadikan dia sebagai orang nomor satu di PPP, dia akan siap tarung.

"Kita sifatnya memperhatikan arus bawah dulu, termasuk juga kita komunikasi dengan senior-senior," tambahnya

Karena bagaimanapun, pergantian Ketua Umum PPP ini akan menentukan nasib PPP pada 2024 mendatang, apalagi posisi PPP saat ini sangat dekat dengan ambang batas parlemen.

Makanya, dia juga berharap bagi siapapun yang menjadi Ketua Umum PPP nantinya harus mampu mengkoordinasikan pergerakan partai hingga ke struktur terbawah dan memberikan inovasi-inovasi baru untuk partai.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau dalam waktu dekat akan menggelar sebelum menentukan sikap pada Muktamar PPP pada 19-22 Desember 2020 mendatang.

Wakil Ketua DPW PPP Riau, Husaimi Hamidi mengatakan, pihaknya akan mengajukan Calon Ketua Umum asli Putra Riau yang sudah sangat kental dengan 'rasa' PPP ini. Ia adalah Ketua DPP PPP, Rusli Effendi.

Rusli Effendi, ujar Plt Ketua DPC PPP Rohil ini, sudah sangat berpengalaman karena pernah menjadi pengurus ranting, DPC, DPW hingga sekarang dipercaya menjadi salah seorang Ketua DPP PPP. Bahkan, pada tahun 2006, Rusli pernah jadi Ketua DPW PPP termuda se-Indonesia.

"Rusli Effendi ini sangat piawai, dan dia punya pengalaman dari bawah, kalau dia jadi Ketum, dia pasti sudah punya gambaran bagaimana kondisi di lapangan," ungkap Husaimi kepada GoRiau.com, Senin (2/11/2020).

Hari ini, Ketum PPP hanya datang ke Pekanbaru sekitar dua atau tiga jam saja, setelah itu akan kembali lagi ke Jakarta. Ketidakcukupan waktu tentu membuat konsolidasi ditingkat bawah tidak maksimal.

"Kita ingin Calon Ketum itu adalah orang yang punya visi misi untuk PPP, harus tau dia apa keinginan arus bawah. Nah, yang cocok itu adalah orang yang pernah merasakan pengurus dari tingkat bawah. Sosok ini ada di diri Rusli Effendi. Jadi tak salah kalau kita dorong, kan bagus juga kalau orang Riau jadi Ketum Partai," jelasnya.***