PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu rumah bulatan tak berpenghuni di jalan Citrasari Limbungan Rumbai, terbakar, Minggu (5/7/2015) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) kota, serta satu unit dari Chevron diturunkan guna memadamkan api, yang lokasinya padat penduduk.


Pantauan GoRiau.com dilokasi kebakaran, rumah ini sedang dalam renovasi dan tidak berpenghuni. Kuat dugaan, asal api dipicu dari rembesan pembakaran sampah. "Kalau asal asap dari bagian belakang kanan (garasi)," sebut Dodoy, warga yang bermukim disekitar lokasi.


Sekilas rumah ini memang dalam masa renovasi. Sebagian perkakas tukang juga ada. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. "Sore tadi tukang masih bersih-bersih dirumah itu. Dulunya ini tempat bengkel las. Sekarang sudah dibeli orang lain dan direnovasi. Mungkin api pembakaran sampah merembes ke belakang rumah," sambungnya.


Empat unit Damkar kota dan satu unit Damkar Chevron diturunkan untuk menjinakkan api, agar tidak merembes ke rumah lainnya, yang cukup rapat dan padat penduduk. "Pemiliknya baru ini, kami tak kenal. Sore tadi saya lihat ada yang bakar sampah (sekitar 3 meter dari rumah,red). Itu saja masih berasap bekas pembakarannya," lanjut Butet, sambil menunjuk bekas pembakaran.


15 menit tim pemadam kebakaran berjibaku, api akhirnya dapat dijinakkan. Tampak pula anggota kepolisian sektor (Mapolsek) Rumbai Pesisir dan Polresta Pekanbaru turun kelokasi guna melakukan penyelidikan. Hingga berita diturunkan, belum ada keterangan resmi dari kepolisian. (had)