PEKANBARU, GORIAU.COM - Pembukaan acara sang inspirator pada penyelenggaraan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV 2012 di Riau rencananya akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono di Pekanbaru pada 7 Oktober 2012 mendatang.

"Kalau tidak halangan, pembukaan Peparnas yang rencana sebelumnya akan dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Malarangeng, justru meningkat menjadi Wapres. Mudah-mudahan hal yang diharapkan ini terlaksana," kata Ketua Umum Panitia Besar (PB) Peparnas Emrizal Pakis di Pekanbaru, sebagaimana dikutip www.goriau.com dari antarariau.com, Jumat (28/9/2012).

Ia menjelaskan, acara puncak pembukaan Peparnas 2012 menurut rencananya akan dilaksanakan di Stadion Kaharuddin Nasution, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Dengan rencana kehadiran Wapres Boediono pada pembukaan 7 Oktober mendatang, maka acara diupayakan seoptimal mungkin dan meriah.

"Jangan sampai kalah dengan waktu pembukaan PON XVIII lalu. Pada saat pembukaan nanti kami juga mengupayakan yang spektakuler," katanya.

Pada acara pembukaan, demikian Emrizal, sebaiknya nantinya juga akan ada festival tarian tradisional khas Riau, serta pertunjukan seni budaya lainnya.

Kemudian, lanjut dia, di acara pembukaan Peparnas nantinya juga akan dihadiri oleh artis-artis papan atas tidak kalah dengan waktu pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau.

"Lalu yang tidak kalah meriah, juga akan ada kembang api yang akan menandatakan bahwa dibukanya acara Peparnas Riau," katanya.

Peparnas Riau kata dia tidak akan serumit ketika penyelenggaraan PON XVIII/2012 yang berakhir pada 20 September.

Pada acara nasional ini, hanya ada sebanyak 11 cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya yakni angkat berat, atletik, boling, bulu tangkis, catur, futsal, panahan, renang, tenis kursi roda, tenis meja, serta volli duduk.

"Seluruhnya di pertandingkan atau perlombakan di arena yang ada di Pekanbaru," katanya. ***