SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar membuka secara resmi even lomba Sampan Layar Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putripuyu, yang juga di ikuti dari Kabupaten Bengkalis dan Siak, Minggu (23/1/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Asmar menyambut baik atas terlaksananya kegiatan perlombaan Sampan Layar tersebut. Ia mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta lomba Sampan Layar dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti maupun dari luar daerah yang hadir maupun mengikuti lomba.

"Kita semua patut gembira, dengan dilaksanakannya event lomba Sampan Layar di Pelabuhan Desa Bandul. Selain menjadi objek wisata daerah, event Ini juga sebagai ajang silaturahmi antara kita semua. Saya sangat mendukung seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini sampai besok," ungkapnya.

Wabup berharap dengan terlaksananya kegiatan ini nantinya pariwisata di Meranti terkenal sampai tingkat nasional bahkan manca negara. Menurutnya, event lomba Sampan Layar ini merupakan salah satu bentuk usaha dari menjaga khasanah budaya dari pesat kemajuan teknologi dan globalisasi, bagaimana mengajak generasi muda dalam melestarikan budaya dan menjaga khasanah melayu.

GoRiau Rombongan Wabup Asmar saat tib
Rombongan Wabup Asmar saat tiba di Desa Bandul, Tasik Putripuyu, untuk membuka Lomba Sampan Layar, Minggu (23/1/2022).

"Sebagaimana kita ketahui bersama, kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya untuk menjadi objek wisata saja, tetapi ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa yang kita cintai di Kabupaten Kepulauan Meranti, terdapat banyak sekali warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang sangat beragam. Permainan tersebut sarat dengan ajaran-ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan serta mengajarkan untuk kita meraih akan keterampilan pentingnya kerjasama mewujudkan sesuatu," ucap wabup.

Selain itu juga kata wabup, event lomba Sampan Layar yang dilaksanakan ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum bahwa Sampan Layar merupakan olahraga yang harus sama-sama dilestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman, karena sebagian besar masyarakat Kepulauan Meranti berprofesi sebagai nelayan.

"Oleh karena itu marilah kita sama-sama meriahkan acara perlombaan sampan layar yang akan kita laksanakan pada hari ini kepada peserta, saya ucapkan selamat bertanding, dan Kepada tim juri wasit yang telah diberikan kepercayaan, dapat melakukan tugasnya dengan baik, baik itu memberikan penilaian secara objektif dan jujur," harap wabup.***