DUMAI-Pandemi Covid-19 ternyata tidak terlalu berdampak terhadap iklim invetasi di Kota Dumai sepanjang tahun 2020. Buktinya, para investor masih berminat menanamkan dananya dengan jumlah cukup besar mencapai Rp12.961.297.980.000.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai, Yusmanidar mengungkapkan, realisasi investasi di Kota Dumai tahun 2020 mencapai Rp12,9 triliun. Tidak hanya melebihi target yang telah ditetapkan, nilai investasi tersebut merupakan tertinggi dari kabupaten/kota lain se-Provinsi Riau.

"Kota Dumai sebagai penyumbang investasi terbanyak yakni 26,11 persen dari capaian realisasi investasi Riau 2020 sebesar Rp49,64 triliun," ujar Yusmanidar usai menghadiri Rapat Realisasi Investasi Triwulan IV di DPMPTSP Provinsi Riau di Pekanbaru,  Selasa (2/2/2021).

Yusmanidar mengatakan bahwa angka Rp12,9 triliun itu terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp7,1 triliun dan penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp5,8 triliun.

"Alhamdulilah, walaupun dalam situasi pandemi perkembangan investasi Kota Dumai sepanjang tahun 2020 tetap terus berjalan dengan peningkatan realisasi investasi yang signifikan," ujarnya.

Angka ini juga melonjak tajam dibandingkan tahun 2019 hanya sebesar Rp5,9 triliun. "Yang jelas prestasi menggembirakan tersebut merupakan hasil dari upaya dan kolaborasi antara semua pihak yang tak dapat saya sebutkan satu persatu semoga capaian ini dapat terus meningkat setiap tahunnya," imbuhnya.

Ia berharap tahun ini bisa meningkat lagi sehingga dapat memberikan multiplayers effect terhadap perekonomian masyarakat Kota Dumai terutama lapangan pekerjaan bagi anak daerah. "Tentu saja kita sangat membutuhkan dukungan masyarakat agar ekonomi tetap diperhatikan sehingga realisasi investasi dapat terus berjalan di Kota Dumai," tutupnya.***