PASIR PENYU, GORIAU.COM - Entah karena ada kekeliruan atau memang disengaja. Yang jelas pengumuman hasil test untuk petugas sensus pertanian yang dilaksanakan Kecamatan Pasir Penyu, Inhu, Riau, menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, ada salah seorang pendaftar lulus menjadi petugas sensus pertanian sementara yang bersangkutan tak ikut test seperti peserta lainnya.

Walhasil, kelulusan itu pun dipertanyakan oleh 19 orang peserta yang tidak lulus dari 37 peserta yang ikut test. ''Test itu dilaksanakan 4 Maret lalu oleh pihak Kecamatan Pasir Penyu dan diikuti 37 peserta dari lima kelurahaan dan delapan desa yang ada di kecamatan pasir penyu. Tapi anehnya, ada satu nama yang juga lulus atas nama Ron Ninse. Padahal yang bersangkutan tidak ikut test karena sedang berada di Medan. Kok bisa?'' ujar salah seorang peserta yang enggan disebutkan namanya. 

Karena itu, dia mengharapkan pihak terkait untuk melakukan peninjauan kembali hasil test tersebut karena diduga ada unsur kolusi yang kental dalam proses seleksi.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Pertanian TPH Inhu Ir. R.Heri Zuliandri saat dikonfirmasikan via selulernya Sabtu (16/3/2013) mengatakan bahwa kegiatan tersebut bukan dilakukan oleh Dinas pertanian melainkan BPS.

Dilain pihak Camat Pasir Penyu Drs Moh Solkan saat dikonfirmasi membenarkan sudah melaksanakan test bahwa pada 4 Maret di kantor camat Pasir Penyu. Namun soal hasil test pihaknya tidak mengetahui karena itu merupakan wewenang Badan Pusat Statistik. (aun)