TELUKKUANTAN - Sejak beberapa bulan terakhir, toko modern mulai menjamur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Bahkan, untuk memuluskan jalannya, toko modern tersebut berselubung dengan nama lain.

Dari pantauan GoRiau.com, toko modern yang tumbuh di Kuansing diberi bernama minimarket, namun logo dan warna sangat identik dengan Indomaret. Setelah dipantau ke dalam, ternyata produk yang dijual toko ini juga mirip dengan produk Indomaret.

"Sejak minimarket berdiri di sini, jual beli sangat jauh menurun. Kami khawatir, jika kondisi ini terus menerus, maka usaha kami bisa tutup," ujar seorang pedagang yang enggan namanya disebutkan. Kedai hariannya berdampingan dengan sebuah minimarket.

Sementara itu, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kuansing, Asnul menyatakan hingga saat ini belum ada Pemkab Kuansing mengeluarkan izin untuk toko modern.

"Dulu, orang itu pernah memohon izin, tapi belum kita beri izin," ujar Asnul beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Indomaret sudah masuk Kuansing sejak setahun yang lalu. Karena tidak mendapat izin, toko modern tersebut berganti nama menjadi Minimarket.

''Awalnya hanya satu di dekat pasar lumpur. Kalau saat ini, sudah ada beberapa titik, bahkan sampai di kecamatan,'' ujar Asnul.

Adapun Minimarket yang sudah beroperasi ada di Cerenti, Benai, Telukkuantan dan Muara Lembu. Bahkan, di Benai terdapat dua toko modern, namun baru satu yang beroperasi.***