TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyampaikan pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) tahun 2014, pada rapat paripurna di Gedung DPRD Inhil, Selasa (5/5/2015).


Dalam kesempatan itu, HM Wardan sekaligus menjelaskan tentang salah satu program unggulannya, yaitu program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ).


Dikatakan Bupati, DMIJ merupakan bentuk implementasi terhadap visi dan misinya bersama Rosman Malomo, dengan menyesuaikan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.


Program DMIJ, dikatakannya memberikan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) atau alokasi dana Desa yang dialokasikan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat Desa untuk membantu pelaksanaan kegiatan Pemerintahan Desa dan palayanan kepada masyarakat serta pembiayaan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.


''Semua kegiatan tersebut merupakan manifestasi dari rumusan RPJMD Desa dan RKP Desa yang selanjutnya dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD), dengan sumber kegiatan berasal dari APBD Inhil,'' ungkap HM Wardan.


Untuk tahun 2014 sendiri, alokasi dana program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dikatakan Bupati adalah sebesar Rp105.250.000.000, dari alokasi dana tersebut dipergunakan untuk kegiatan operasional dan honor Pemerintahan Desa atau disebut juga biaya tidak langsung sejumlah Rp33.625.659.000, serta untuk biaya langsung atau pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sejumlah Rp71.624.341.000.


''Proses kemajuan keuangan sampai dengan 31 Desember 2014 adalah 99,66 persen, sedangkan kemajuan fisik 100 persen,'' tukasnya.


Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini juga menjelaskan, pelaksanaan program DMIJ Tahun Anggaran 2014 dengan pola pemberdayaan masyarakat dan swakelola memberikan dampak yang positif bagi optimalisasi pelaksanaan kegiatan tersebut.


''Dengan DMIJ, kita dapat menyentuh langsung kehidupan masyarakat, contohnya seperti Pembangunan toilet MDA, jembatan beton, pasenggerahan perkuburan, jalan rabat beton, dermaga beton, jalan jerambah beton, bak air parit melo, box culvert, drainase, turap beton, badan jalan, Kegiatan Posyandu, Pembentukan PAUD baru, kegiatan perencanaan desa dan lain-lainnya,'' jelas Bupati Inhil.(ayu)