PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru kembali mendeteksi delapan titik panas (hotspot) yang tersebar di lima kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau. Yakni, tiga titik panas terdapat di Kota Dumai, dua titik panas di Kabupaten Pelalawan. Sedangkan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Indragiri Hulu (Inhu) dan Kepulauan Meranti masing-masing satu titik panas.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, bahwa delapan hotspot dengan level confidence di atas 50 persen tersebut terdeteksi satelit Terra, Aqua dan SNNP, sejak pukul 06.00 WIB, pada Kamis (9/1/2020) pagi tadi.

"Delapan hotspot ini terdiri dari tiga titik yang terdeteksi di Kecamatan Dumai Barat, dua titik panas di Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan. Lalu di Kecamatan Tanah Putih Rohil, Rengat Inhu, Tebing Tinggi Kepulauan Meranti masing-masing satu titik," kata Sukisno di Pekanbaru, Kamis sore.

Ia juga menjelaskan, bahwa tingkat kepercayaan atau level confidence dua hotspot ini bervariasi. Di mana dari delapan hotspot tersebut, ada dua titik panas yang berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Dua titik tersebut berada di Dumai Barat dengan level confidence 82 persen dan Tebing Tinggi di level confidence 72 persen," tuturnya. ***