PANGKALAN KERINCI – Para kepala desa (Kades) di Kabupaten Pelalawan, Riau sedang disibukkan dengan upaya pencairan Dana Desa (DD) tahap II, tahun ini.

Seluruh desa di Pelalawan berlomba-lomba menyetorkan dokumen dan persyaratan pencairan lainnya. Salah satunya bukti laporan penyerapatan tahap I.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan, Novri Wahyudi, Kamis (16/6/2022) mengungkapkan, penyerapan DD tahap pertama sudah 100 persen.

"Tahap pertama sudah 100 persen. Sekarang kita sedang mempersiapkan pengajuan pencairan tahap II," katanya.

Lanjut Novri menjelaskan, saat ini sedang dalam persiapan pengajuan pencairan tahap II. "DD tahap pertama sudah 100 persen, kalau BLT DD itu sudah dua kali," sebutnya.

Untuk itu, DPMD Pelalawan mengimbau kepada seluruh kepala desa agar dapat segera melengkapi syarat pengajuan pencairan DD tahap II.

"Kita minta kepada desa, syaratnya serapan pertama harus maksimal. Kemudian juga segera koordinasi dengan camat masing-masing untuk mendapatkan rekomendasi pencairan tahap ke 2," papar dia.

Novri mengungkapkan, dari sampel beberapa desa diketahui serapan DD tahap I cukup tinggi. Hanya saja ada keterlambatan pengajuan oleh desa.

"Beberapa desa sebenarnya serapannya tinggi, tapi karena mungkin kelalaian mereka sehingga lambat mengajukan administrasinya. Karena dasar pencairan tahap II serapan sebelumnya," jelasnya, kepada GoRiau.com.***