PADANGLAWAS-  Program Dana Desa yang digelontarkan pemerintah pusat benar-benar dirasakan manfaatnya dan memberikan kesejahteraan bagi Pemerintah Desa Aek Haruaya Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas  (Palas).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Evaluasi Kecamatan Ulu Barumun, Khoiruddin Mukhlis Daulay, SH, Rabu (3/9/2018) saat melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan dana desa. Kunjungan itu turut didampingi Ketua Tim, Suparman dan Ahmad Yani Nasution, Kasi Pemerintahan Derwani Daulay, serta pendamping desa (PD) Sawalidah Siregar dan Holidah Situmorang, juga pendamping lokal desa (PLD) Hasnan Harahap.

Sekcam, Khoiruddin Mukhlis Daulay menjelaskan, evaluasi ini dilakukan untuk melihat, mengkroscek hasil dari pembangunan dana desa, dimana bangunan sudah rampung, mana yang belum melaksanakan, ataupun yang lari dari perundang-undangan. “kami berharap terkait pengelolaan bangunan dana desa tidak ada permasalahan,”tegas Mukhlis didampingi Parman.

Kades Rustam Hasibuan menyebutkan, dana desa tahap 1 dan 2 pemerintah Desa Aek Haruaya sudah benar-benar ikuti aturan yang ada. Dengan pembangunan infastruktur jalan rabat beton tepat berada disebrang sungai Barumun menuju permukiman, dan perkebunan warga.

Dikatakan Rustam, untuk tahap selanjutnya akan berupaya mewujudkan permintaan masyarakat untuk alokasikan dana desa membangun jembatan rambin. “masyarakat terus mengeluh saat melintasi akses jalan menuju kepermukiman Desa Martona dan Aek Haruaya, serta perkebunan, karena akses jalan itu bergantungan pada arus sungai. Maka dari itu, Pemdes akan prioritaskan pembangunan jembatan pada tahap selanjutnya melalui Musdes,”terang Kades.

Sementara usai pemeriksaan, PD Holdah Situmorang bersama PLD Hasnan Harahap mengatakan, monitoring dan evaluasi berjalan dengan tertib, pembangunan sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB),tandasnya.