PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, salah satunya seperti yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau di Pekanbaru. Kini, untuk mendaftar berobat di rumah sakit plat merah ini, pasien BPJS Kesehatan dan umum tak perlu berjam-jam menunggu antrean pendaftaran.

Kemudahan yang diberikan ini, dikatakan Direktur RSUD Arifin Achmad, dr Nuzelly Husendi MARS kepada GoRiau.com, yakni berupa mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri. Melalui mesin ini pasien tak perlu lagi antre di loket pendaftaran. Namun, bagi pasien baru yang akan berobat harus mendaftar dengan tatap muka di pendaftaran.

"Bagi pasien yang sudah terdata di RSUD Arifin Achmad bisa mendaftar melalui aplikasi RSUD Arifin Achmad yang sudah tersedia di appstore. Jadi, pasien yang sudah terdaftar tak perlu antre lagi, tinggal mendaftar online dari rumah, lalu konfirmasi saat tiba di RSUD Arifin Achmad melalui mesin tersebut," kata dr Nuzelly, Selasa (21/1/2020).

Pendafaran untuk pasien baru harus tatap muka, sambung dr Nuzelly, sebab data pasien harus jelas. Jangan nantinya, disalahgunakan oleh orang lain ketika dibuka pedaftaran pasien baru secara online.

"Pasien baru tatap muka saat pendaftaran, dilakukan agar kita bisa menjelaskan kepada pasien yang akan berobat secara rutin bisa menggunakan aplikasi dari android. Serta jika pasien ada pertanyaan kita pun bisa menjawabnya secara langsung," ungkapnya.

dr Nuzelly mengatakan, bahwa keberadaan RSUD Arifin Ahmad oleh Syamsuar - Edy Nasution untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Riau tanpa adanya tebang pilih. Rumah sakit ini adalah institusi yang harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami di sini siap melayani masyarakat tak mampu yang menggunakan BPJS Kesehatan. Intinya, RSUD Arifin Achmad hadir untuk melayani masyarakat Riau. Meskipun, berjalannya waktu ada kekurangan, kami terus melakukan perbaikan-perbaikan," ujarnya.

Untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang datang berobat ke RSUD Arifin Achmad, sambung dr Nuzelly, pihak terus melakukan terobosan dan inovasi. Contohnya, ada satu tempat di RSUD Arifin Achmad bernama Greatry. Tempat ini khusus untuk orang lanjut usia (lansia).

"Jadi Greatry tempat khusus untuk orangtua, mereka diperiksa di sana. Sehingga lansia tak perlu kemana-kemana, hanya berada disatu tempat saja diperiksanya," jelas dr Nuzelly. ***