TEMBILAHAN-Untuk mencegah hama menyerang padi-padi milik petani di Kecamatan Tempuling, Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Anggota Babinsa Koramil 03/Tempuling, Kodim 0314 Inhil, Serda Mardia, bersama kelompok tani (Poktan) Makmur melaksanakan pendampingan kepada para petani, Selasa (30/07/2019).

Pendampingan dilakukan untuk mengamati hama dan perkembangan padi yang sudah mulai berbuah guna mendukung produktivitas hasil pertanian.

Komandan Koramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono mengatakan, Babinsa didampingi PPL selalu aktif dalam mengamati hama tanaman padi.

”Kegiatan kali ini kami lakukan guna memantau sejauh mana perkembangan tanaman padi dengan meyakinkan tanaman tersebut tidak diserang hama pengganggu yang dapat menimbulkan gagal panen, namun dengan hasil pengamatan selama ini belum ditemukan adanya serangan hama wereng,” jelsnga.

Sugiyono menambahkan, hama wereng termasuk OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yang menjadi musuh petani, untuk mencegah meluasnya hama wereng yang menyerang tanaman padi maka dilaksanakan penyemprotan dengan menggunakan pestisida jenis Buprosida.

“Hal ini kita lakukan demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi. Selain itu kita juga menggelar pendampingan sosialisasi penanganan dan penyemprotan hama wereng di lahan tanaman padi,” tukas Sugiyono.(rls)