SIAK SRI INDRAPURA, - Upaya penanganan terhadap perambah di kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil (GSK) Bukit Batu, terus gencar dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak. Sebelum menggelar operasi penindakan, Jumat (8/4/2016) dipimpin Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H Fauzi Asni, Pemkab Siak menggelar pertemuan dengan perwakilan LSM, tokoh pemuda, mahasiswa, tokoh masyarakat di Kabupaten Siak.

Agendanya melakukan sosialisasi terhadap langkah-langkah awal yang telah diambil dan dilaksanakan sebelumnya sekaligus rencana kedepan oleh pemerintah terkait penanganan cagar biosfer tersebut. Hal ini dilakukan sebelum nantinya akan dilaksanakan operasi penindakan.

Fauzi mengatakan, Pemkab Siak sudah membentuk Tim Penanganan pada Maret 2014 untuk melakukan identifikasi kawasan cagar biosfer baik di kawasan penyangga, maupun kawasan inti. Ke depannya akan ada operasi penindakan yang dilakukan pemerintah daerah bekerjasama dengan TNI-Polri, BKSDA maupun pihak Kementrian Lingkungan Hidup.

"Masalah penindakan ini yang menjadi perhatian kita guna menjaga Cagar Biosfer GSK dari para perambah," jelasnya.(rls)