BENGKULU- Dinilai bebas dari penyakit malaria di Kabupaten Siak, Bupati Syamsuar menerima sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, Senin (25/4/2016).

Sertifikat itu diserahkan Menkes kepada sejumlah kepala daerah pada saat peringatan Hari Malaria Sedunia di Lapangan Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Usai acara, Bupati Syamsuar mengaku senang dan bangga, karena prestasi yang diterima ini adalah bentuk kepedulian masyarakat Siak dalam mengantisipasi penyakit malaria.

"Alhamddulilah, sertifikat ini milik masyarakat yang begitu peduli dengan kesehatan lingkungan, sehingga Kabupaten Siak bebas dari penyakit malaria," kata Syamsuar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01052016/1bupatisia-4474.jpgBupati Siak Syamsuar foto bersama dengan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Siak Toni Chandra menambahkan, eliminasi malaria merupakan program pemerintah pusat, dimana Indonesia bebas malaria tahun 2020 mendatang.

Selama ini, lanjut Toni, Kabupaten Siak selalu rutin melakukan pendataan terhadap warga yang menderita penyakit malaria.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01052016/2bupatisia-4473.jpgBupati Siak H Syamsuar menerima sertifikat eliminasi malaria pada peringatan Hari Malaria Sedunia di Bengkulu.

"Apabila ditemukan warga yang positif terjangkit penyakit malaria, langsung kita obati sampai sembuh. Semua obat dan laboratorium sudah kita siapkan di Puskesmas yang ada di Siak," ujarnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01052016/3fotobersa-4472.jpgFoto bersama Bupati Siak Syamsuar dan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Siak Tony Chandra.

Ternyata, upaya yang rutin dilakukan selama ini mampu mengantisipasi menyebarnya penyakit malaria di Siak. "Kemudian, kita mengusulkan ke Kemenkes agar Siak dinilai. Sekitar bulan Februari 2016 lalu, tim dari Kemenkes datang ke Siak, hasilnya memang Siak bebas dari malaria," jelas Toni. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01052016/4menterike-4471.jpgMenteri Kesehatan RI foto bersama dengan para bupati dan walikota yang menerima sertifikat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01052016/5sambutanm-4470.jpgSambutan Menteri Kesehatan RI pada peringatan hari malaria sedunia.