TEMBILAHAN- Dalam upaya mempercepat geliat pembangunan, Bupati Inhil, HM Wardan, tetap memprioritaskan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) pada tahun belanja APBD tahun 2017.

Program prioritas itu, dikatakannya memiliki banyak tujuan, selain tujuan utama pembangunan. Yakni, tujuan memperdayakan seluruh komponen masyarakat agar lebih maju dan sejahtera.

''Pelaksanaan program ini melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, penganggaran dan seterusnya,'' sebut Bupati.

Saat ini sudah bisa dilihat dengan kasat mata bahwa keberhasilan program DMIJ dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas, merata dan terintegrasi. Karena hal ini erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Dengan semakin membaiknya infrastruktur hingga ketingkat desa, dapat memudahkan masyarakat mengakut hasil pertanian yang menjadi potensi diInhil. Artinya masyarakat tak lagi bergantung dengan kondisi alam atau air pasang surut dalam mengangkut hasil bumi. 

''Perangkat desa selaku pelaksana program DMIJ harus terus bersinergi dengan pemerintah kecamatan agar terwujudnya singkronisasi sehingga terwujudnya asas pemerataan pembangunan itu sendiri,'' paparnya. 

Saat ini masyarakat tengah bersuka gembira dengan hadirnya DMIJ. Kalaupun pada saat ini ada kondisi pembangunan desa yang memprihatinkan, itu hanya persoalan desa yang tidak maksimal melakukannya. 

Untuk itu Bupati, berharap agar instansi terkait dapat maksimal membimbing dan memberdayakan supaya program dapat terlaksana sesuai kebutuhan yang diinginkan masyarakat saat ini. 

Tanggapan positif masyarakat atas keberhasilan DMIJ, seperti disampaikan Kepala Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman, baru-baru ini kepada wartawan. Dengan tegas dia mengatakan DMIJ wujud pemberdayaan masyarakat. 

''Alhamdulillah berkat DMIJ kita dapat memenuhi kebutuhan prioritas masyarakat,'' pungkasnya.

Dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, bahwa pembangunan dengan menunggu program pemerintah kabupaten. 

Tak jauh berbeda dengan desa lainnya di Inhil, selain operasional pemerintah desa anggaran DMIJ banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan desa, jerambah, jembatan, bahkan Kantor Desa.adv#INHIL