SIAK SRI INDRAPURA - Kabar burung tentang H Tengku Said Hamzah akan pertarungan di Pilkada Siak 2020 sudah sejak lama terdengar. Pasalnya, terhitung mulai 1 Februari 2020 nanti karirnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) berakhir dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak.

Selain disebut-sebut layak maju sebagai calon Bupati Siak, Tengku Said Hamzah juga digadang-gadangkan akan bersanding dengan Petahana, Alfedri yang merupakan Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Siak sebagai Wakil Bupati Siak.

Namun apakah benar putera asli Siak ini akan masuk dalam bursa penjaringan bakal calon kepala daerah di Kabupaten Siak tahun 2020 juga tidak pernah ditanggapi langsung oleh yang bersangkutan. Ia bahkan hanya menebar senyum ketika diungkit tentang hal tersebut.

Setelah lama tidak mau menanggapi kabar burung tersebut, Senin (7/10/2019) sekitar pukul 15.00 WIB, Sekda Siak aktif ini pun memberikan jawaban yang spontan dan sangat mengagetkan.

Didampingi sejumlah tokoh pemuda dan masyarakat Siak, putra asli kelahiran Siak tahun 1960 ini datang ke kantor DPD Partai Nasdem Siak untuk mengambil formulir penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak 2020.

"Bisa jadi Bupati dan bisa juga wakil bupati. Karena saya ambil dua formulir. Kepastiannya tanggal 18 nanti, kita tunggu saja. Mau Bupati atau wakil Bupati, InsyaAllah saya siap," kata pria yang memiliki kekerabatan erat dengan Kerajaan Siak ini.

Said Hamzah menyebutkan dari pengalaman puluhan tahun menjalankan roda pemerintahan, dirinya sudah berikhtiar membangun Siak lebih baik lagi dari kondisi yang ada saat ini. Ditambah lagi dengan banyaknya dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

Jika Partai lainnya juga sudah mulai membuka penjaringan, Said Hamzah pun mengaku akan mendaftar. "Bisa PAN, bisa juga Gerindra atau Hanura," katanya lagi.

Tokoh pemuda dan juga Ketua MPKS Kabupaten Siak, Wan Hamzah yang ikut mendampingi Tengku Said Hamzah saat pengambilan formulir itu juga menyebutkan hal yang senada. Ia pastikan Sekda Siak yang masih aktif itu akan mendaftarkan diri juga ke Parpol lainnya.

"Sekarang ini kita ikuti dulu semua prosesnya. Soal nanti Bupati atau Wakil Bupati formulir yang akan dikembalikan beliau, kita tetap menitipkan harapan agar Siak kedepannya lebih baik lagi," kata Wan Hamzah kepada GoRiau.com.

Wan Hamzah sangat yakin, dengan pengalaman kerja dan popularitas yang dimiliki Tengku Said Hamzah di kalangan masyarakat Siak, ada peluang besar baginya direkomendasikan oleh partai tempat ia mendaftar. ***