SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH membuka secara resmi acara Musyawarah Cabang III Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Seluruh Indonesia (Gapensi) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021. Kegiatan yang mengambil tema mewujudkan profesionalisme Gapensi dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Meranti, digelar di Kopitiam, Minggu (4/4/2021).

Hadir Ketua Gapensi Riau Parisman Ihwan, Plt Kadis PU Meranti Bambang Supriyanto, Asisten I Setdakab Meranti, Syansuddin SH MH, Kepala Badan Kesbangpol, Tasrizal Harahap, Ketua Gapensi Meranti Zaini Abdullah, Sekretaris Gapensi, Kamslan, para pengurus dan anggota Gapensi Meranti, tokoh masyarakat, H Nazaruddin dan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Adil mengaku menyambut baik pelaksanaan Musda Gapensi Kepulauan Meranti ini, ia berharap melalui Musda tersebut dapat melahirkan keputusan terbaik dan sebagai mitra Pemerintah Daerah Gapensi mampu bersinergi untuk bersama-sama menggesa pembangunan di Kepulauan Meranti menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Lebih jauh dikatakan Bupati Adil, sebagai mitra pemerintah Gapensi memiliki peran yang besar dalam mewujudkan Visi dan Misi Bupati yang dituangkan dalam 7 program strategis. Salah satunya peningkatan jalan poros di Kepulauan Meranti dimana untuk menuntaskan ya dibutuhkan dana sebesar 2,3 Triliun, dan untuk menuntaskannya Pemkab Meranti tengah berupaya mencari dukungan dana Provinsi maupun Pusat.

"Pembangunan jalan poros ini dapat menjadi peluang dan tantangan bagi anggota Gapensi Meranti untuk dapat bersaing dalam memenangkan tender tersebut yang tentunya didukung oleh kinerja dan kekuatan modal," jelas Bupati Adil.

Selanjutnya Bupati Adil, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Gapensi Meranti itu berharap kepada para kontraktor anggota Gapensi Meranti, hendaknya bukan hanya bisa memikirkan keuntungan cepat tapi harus diiringi dengan kerja profesional dan bertanggungjawab sehingga kedepan mampu bersaing di kancah nasional.

Kemudian mantan Legislator DPRD Riau dua periode itu berpesan kepada para anggota Gapensi Meranti untuk dapat bekerja dengan baik dan profesional dimana kontraktor pemenang tender harus mengerjakan proyek dengan perusahaan sendiri tidak dengan perusahaan pinjaman. Dan juga jangan saling bertengkar berebut proyek sehingga menimbulkan suasana yang tidak kondusif.

"Kunci sukses pengerjaan proyek adalah dikerjakan dengan perusahaan sendiri bukan perusahaan pinjaman agar hasilnya baik dan bermanfaat optimal bagi masyarakat," ucapnya lagi.

Dan terkahir dikatakan Bupati Adil, saat ini Pemkab Meranti tengah mengupayakan pembangunan jalan Alai-Mengkikip untuk membuka isolasi daerah. Iapun meyakini dengan dukungan Pemerintah Provinsi, Gapensi Kepulauan Meranti cita-cita ini akan mampu diwujudkan.

Sementara itu melalui Musda Gapensi Meranti ini Ketua Gapensi Riau, Parisman Ihwan, berharap sebagai mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan daerah dapat bersinergi dengan Pemda dalam membangun Meranti lebih baik lagi kedepan.

Ia pun berharap Gapensi dimasa-masa mendatang dapat menjadi organisasi besar yang mampu mensejahterakan anggotanya. Seperti diketahui sejak terjadinya pandemi Covid-19 yang melemahkan ekonomi ditambah dengan regulasi baru yang dikeluarkan pemerintah yang mengarah pada sistem elektronik membuat banyak perusahaan kontruksi yang tergabung dalam Gapensi gulung tikar. Di Meranti sendiri dari 78 perusahaan kini menyusut menjadi 15 perusahaan saja.

"Semoga dimasa-masa yang akan datang seiring dengan dikeluarkanya regulasi baru oleh pemerintah Gapensi dapat semakin berkembang dan mensejahterakan anggotanya," ujar Parisman.

Pada kesempatan itu Parismasn yang juga Ketua menjabat Komisi IV DPRD Riau itu tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pengurus Gapensi Masa Bakti 2016-2021, atas pengabdiannya selama ini.

Ketua Gapensi Meranti, Zaini Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Gapensi Meranti sebagai wadah berhimpun para pengusaha kontruksi dapat menjadi organisasi yang mandiri dan professional sebagai wadah pemersatu pelaksana konstruksi yang berkeahlian, berkemampuan, tanggap terhadap kemajuan dan menjunjung tinggi kode etik, tertib hukum dalam menjalankan pengabdian usahanya menuju pembangunan ekonomi nasional yang sehat untuk kesejahteraan rakyat, persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan visi misi Gapensi.***