SAK SRI INDRAPURA - Tahun ini kali kedua Festival Gasing bertaraf International dilaksanakan di Kabupaten Siak, Riau. Olahraga dengan kearifan lokal masyarakat Riau ini diselenggarakan di Kota Siak yang memiliki nilai sejarah. Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi berkesempatan membuka Festival Gasing International II.

Syamsuar mengatakan, dengan adanya even gasing bertaraf International ini mampu mengangkat pariwisata di Kabupaten Siak. Olahraga ini merupakan permainan rakyat yang ada sejak dahulu dan permainan gasing ini pun telah mendunia.

"Permainan gasing ini harus dipertahankan, apalagi permainan ini sangat mengandalkan kemampuan pemainnya," kata Syamsuar dalam sambutannya, Jumat (12/7/2019) malam. Festival Gasing International II diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Siak.

Syamsuar juga masyarakat Kabupaten Siak terkhusus seluruh masyarakat Riau untuk bersama-sama membudayakan permainan gasing ini. Karena banyak hal positif yang bisa diambil dari permainan gasing ini dikalangan anak muda.

Ads
"Meskipun permainan ini mulai luntur seiring perkembangan teknologi, namun peran kita bersama untuk menjaganya agar tetap utuh. Mari kita sama-sama menjaga kebudayaan yanh sejak luhur sudah ada dan terus dimainkan hingga saat ini," ungkap Syamsuar.

Kedatangan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi disambut Bupati Siak Drs H Alfedri, Ketua Pergasi Pusat Agus MD dan rombongan pada pembukaan festival Gasing Internasional II di Taman Tengku Syarifah Aminah, Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura, Riau. ***