VENICE - Dua atlet kickoxing Indonesia, Rahul Phinem dan Brian Alfa Ferdinand Lawitan sidah menampilkan yang terbaik meski mengalami kekalahan pada pertandingan perdana babak penyisihan Kejuaraan Dunia Kickboxing yang berlangsung di Jessolo Lido Venice, Italia, Senin (18/10/2021).

Dalam pertarungan tiga ronde, Brian Alfa Ferdinand Lawitan mengalami kekalahan angka atas Casajus Andres Unzue dari Spanyol di Low kick 60kg putra. Begitu juga Rahul Pinem yang kalah angka atas Fernandez Ona Gabriel dari Spanyol di Low Kick 63kg putra.

Pelatih Timnas Kickboxing Indonesia, Zuli Silawanto dan Indra Senduk yang dihubungi melalui WhatsApp memuji penampilan Brian yang bermain cukup bagus dengan spirit yang luar biasa.

"Brian bukan hanya membuat Casajus Andres Unzue kewalahan menghadapi serangan tetapi juga mendapatkan hitungan setelah terkena pukulan cukup telak," katanya.

Pujian yang sama juga dilontarkan kepada Rahul Pinem. Meski secara teknik, Raul kalah jauh dari lawannya. Tetapi, dia mampu memberikan perlawanan keras dan menyelesaikan pertandingan sampai ronde berakhir.

Keduanya juga memuji penampilan Brian yang bermain cukup bagus dengan spirit yang luar biasa. "Brian bukan hanya membuat Casajus Andres Unzue kewalahan menghadapi serangan tetapi juga mendapatkan hitungan setelah terkena pukulan cukup telak," katanya.

Sementara itu, Muhammad Zainur Anwar kalah KO ronde saat menghadapi Kamidullaev Diyorbek dari Uzbekistan di Low Kick 54kg putra, Sedangkan Firman Muharram Syach kalah TKO ronde pertama atas Kim Wooseung dari Korea Selatan di K1 67kg putra.

"Firman sempat menguasai petandingan dan sudah unggul dalam perolehan poin. Tetapi, dia terpaksa harus menyerah ketika rusuknya terkena serangan lutut," tandasnya. ***