PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Rokan Hilir, Karmila Sari mendukung langkah Gubernur Riau, Syamsuar yang saat ini secara perlahan mulai menciptakan iklim agamis di Provinsi Riau, salah satunya memberi perhatian kepada para calon hafiz dan hafizah di Rokan Hilir.

Hal itu dia sampaikan usai mendampingi gubernur dalam kegiatan peninjauan ke salah satu Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, Rokan Hilir beberapa waktu lalu.

Di Ponpes ini, kata Karmila, generasi muda tidak hanya dibimbing menjadi hafiz yang menghafal Al-Qur'an saja, namun juga dibimbing menjadi seorang pengusaha atau istilahnya santripreneur.

"Disana, mereka sudah mengelola perkebunan jeruk nipis utk dijadikan minuman, kolam ikan, dan bahkan Komandan Kodim (Dandim) juga kedepan akan membuat kebun hidroponik dan kebun jagung. Selain itu para santri juga diajarkan bahasa inggris, bahasa Arab, bahkan bahasa Mandarin ke depannya," ujarnya, Selasa malam, (3/8/2021).

Generasi muda cinta Al-Qur'an di Ponpes ini diharapkan bisa menjadi perwakilan kabupaten untuk menjadi mahasiswa di fakultas kedokteran. Karena, kata Karmila, saat ini ada program beasiswa pendidikan bagi hafiz dan hafizah di fakultas kedokteran.

"Biaya pendidikannya akan ditanggung pemerintah, satu kabupaten itu ada kuota dua anak," tuturnya.

Selain itu, dijelaskan Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau ini, Ponpes tersebut sudah mengirim 155 anak ke Sekolah Ilmu Ekonomi Tazkia Bogor untuk menjadi Tahfizpreneur dibawah pembinaan Syafi'i Antonio.

"Dan akan ada penambahan lagi tahun ini sebanyak 75 orang. Mereka tidak hanya dibiayai pendidikan bahkan biaya hidup ditanggung oleh Pemprov Riau," ulasnya.

GoRiau Gubernur Riau saat menyerahkan
Gubernur Riau saat menyerahkan bantuan benih buah-buahan.

Kunjungan Gubernur Syamsuar tidak hanya di Ponpes Tahfiz Bidayatul Hidayah saja, namun juga di aponpes Mulia Rokan. Kedua Ponpes ini sama-sama berada di Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir.

Hal ini tentunya juga sejalan dengan program yang sudah direncanakan oleh gubernur, salah satunya konversi bank syariah dan dalam waktu dekat juga akan dibuat Perda syariah.

GoRiau Kunjungan ke Ponpes Tahfizul M
Kunjungan ke Ponpes Tahfizul Mulia Rokan.

"Jadi, pembinaan seperti ini membantu pemerintah dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya ilmu syariah. Ketika kita sudah membuat program berbasis syariah seperti perbankan syariah, wisata syariah dan industri syariah lainnya, SDM kita sudah ready untuk itu," tutupnya. ***