RENGAT,GORIAU.COM - Guna memberikan efek jera kepada pengendara dewasa yang tidak taat aturan, Satuan Polisi Lalu-lintas (Satlantas) Polres Indragiri Hulu (Inhu) libatkan polisi cilik (Pocil) dalam pelaksanaan operasi simpatik tahun 2015 di Kota Rengat.

"Pada hari pertama pelaksanaan operasi simpatik, Skita sengaja melibatkan Polisi Cilik (Pocil), hal itu guna memberikan efek jera terhadap pengendara dewasa yang tidak taat aturan. Namun untuk hari-hari berikutnya, operasi simpatik akan dilaksanakan oleh anggota Satlantas," ujar Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo melalui Kasat Lantas Polres AKP Emil Eka Putra, Kamis (2/4/2015).

Dengan melibatkan Pocil tersebut saat operasi, diharapkan pengguna jalan dewasa merasa malu jika kedapatan melakukan pelanggaran dan tidak lagi mengulangi perbuatannya. "Jika rasa malau pengendara sudah timbul ketika melakukan pelanggaran, maka ketertiban lalu-lintas tentunya akan tercipta dengan sendirinya", tegas Emil.

Emil menambahkan, hingga hari kedua pelaksanaan operasi simpatik, pihaknya telah mengeluarkan 30 teguran tertulis terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran ringan, sedangkan untuk pelanggaran berat, pihalknya sudah mengeluarkan dua tindakan langsung (tilang).

"30 teguran tertulis dan dua tindakan langsung atau tilang telah kita keluarkan sejak operasi ini dilaksanakan. Selain itu, kita juga memeberikan pin dan stiker keselamatan kepada pengendara yang taat aturan. Hal itu merupakan bentuk apresiasi kita terhadap pengendara yang taat aturan", pungkasnya.(jef)