PANGKALAN KERINCI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Prestasi Pendidikan.

Seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekokah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) diminta untuk lebih inovatif mengelola pendidikan.

"Kita mempunyai semua data sekolah dan sedang evaluasi. Kita melakukan evaluasi sekolah-sekolah yang tidak ada inovasi, tidak bergerak," terang Kepala Disdikbud Pelalawan, H Abu Bakar, kepada GoRiau.com.

Dikatakannya, setiap kali melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, akan penilaiam untuk inovasi masing-masing kepala sekolah di seluruh sekolah tingkat SD dan SMP.

"Kita fokus pada sekolah negeri SD dan SMP, karena kalau sekolah swasta, mereka memiliki hak untuk membina sekolahnya juga," jelas Abu Bakar, Kamis (23/6/2022).

- Disdikbud Pelalawan Bentuk Satgas Percepatan Prestasi Pendidikan, Awal Juli Turun ke Sekolah

Diberitakan sebelumnya, Satgas Percepatan Prestasi Pendidikan, akan turun ke seluruh sekolah pada jenjang pendidikan SD dan SMP negeri yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Satgas, akan turun ke sekolah. Satgas nantinya akan melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah. Tim terdiri dari beberapa orang, selain dari kita, juga dari kesehatan," ungkapnya.

Lanjut Abu Bakar, satgas nantinya akan memberikan motivasi dan pengayaan serta inovasi kepada sekolah untuk memajukan pendidikan. "Maka ketika sekolah itu tidak bergerak akan diturunkan tim percepatan prestasi pendidikan," jelasnya.

Bagi sekolah yang tidak mempunyai inovasi, bahkan tidak bergerak ke target yang sudah ditentukan, maka satgas akan turun dan melakukan pembinaan.

"Kita akan lakukan evaluasi selama 6 bulan. Tentu kita juga akan evaluasi juga kepala sekolahnya jika tidak bergerak," tegas Abu Bakar.

Satgas akan melakukan tugasnya dan mulai turun ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan, pada awal Juli 2022.

"InsyaAllah mulai bulan depan satgas sudah turun ke masing-masing sekolah. Kita berharap sekolah mempunyai gerakan, inovasi juga perubahan. Kita terus semangat untuk memajukan pendidikan di Pelalawan," tandas Abu Bakar, kepada GoRiau.com.***