BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis menempati peringkat 66 daerah terinovatif dari 514 kabupaten/kota di Indonesia dengan indeks 3.650 poin.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-415 tahun 2019, tentang Penyusunan Pengukuran Indeks Inovasi Daerah pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pegembangan Kementerian Dalam Negeri Tahun Anggaran 2019.

Keputusan ditandatangani Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Dodi Riyadmadji tanggal 20 November 2019.

“Alhamdulillah, pada tahun ini, Kabupaten Bengkalis mendapat penghargaan sebagai daerah yang sangat inovatif dengan indeks 3.650 berada pada posisi 66 dari 514 daerah,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Emri Juli Harnis melalui Sekretaris Dahen Tawakal, Senin (25/11/2019).

Dikatakan Dahen, penghargaan ini yang diterima Kabupaten Bengkalis, tentu tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dari seluruh Perangkat Daerah (PD) di Negeri Junjungan dalam berinovasi.

Berkat menempati posisi 66, tahun 2020 Kabupaten Bengkalis mendapat reward berupa tambahan Dana Insentif Daerah (DID) berkisar Rp3 hingga Rp4 miliar.

Seperti diketahui, tahun 2020 DID yang diperoleh Bengkalis dari pemerintah pusat sebesar Rp41 miliar. Kondisi ini naik dari tahun 2019 sebesar Rp14,25 miliar dari sebelumnya Rp26,75 miliar.

“Ini patut kita syukuri. Berarti dari reward inovasi daerah menyumbangkan untuk DID berkisar antara Rp3 miliar sampai Rp4 miliar. Pastinya, kita lihat nanti di pada rincian DID DIPA 2020,” jelas Dahen.

Untuk tahun ini, PD yang mengisi data inovasi daerah melalui Sistem Aplikasi Indeks Inovasi Daerah (SAIID) belum seluruhnya. Perangkat Daerah yang mengisi SAIID ini diantaranya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Dinas Kesehatan Bengkalis.

“Sebenarnya inovasi di Perangkat Daerah lainnya lumayan banyak. Namun yang mengisi di aplikasi SAIID belum seluruhnya. Pada tahun 2020 ini, kita optimalkan dan usahakan agar seluruh Perangkat Daerah memasukan inovasi di aplikasi SAIID,” ujar Dahen Tawakal.

Ditambahkan Dahen, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Penelitian dan Pengembangan bertekad untuk meningkatkan ranking indeks inovasi daerah pada tahun 2020, meningkat. Mengingat, setiap Perangkat Daerah mempunyai inovasi yang bisa mendongkrak ranking dari 66, menjadi urutan 20-an.

''Insyaallah berkat dukungan dari seluruh Perangkat Daerah yang ada, kita akan meraih posisi 20-an. Bahkan bisa pada posisi belasan,'' tegas Dahen