PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melepaskan seekor Kukang (Nycticebus Coucang) kembali ke habitatnya, Selasa (11/12/2018) kemarin. Kukang berjenis kelamin jantan berumur 1 tahun.

Hal itu disampaikan Kepala BBKSDA Riau, Suharyono kepada GoRiau.com melalui Humas BBKSDA, Dian Indriati, Rabu (12/12/2018).

"Tujuh personil Tim Rescue BBKSDA Bidang Wilayah I bersemangat menembus Sungai Mengkuang untuk mengantar seekor Kukang kembali ke alamnya," kata Dian.

Pesona Alam Sungai Mengkuang Kawasan Konservasi SM Kerumutan tidak berkurang, dikatakannya. Walaupun saat itu tergenang banjir dan cuaca mendung. Dengan airnya yang hitam Sungai Mengkuang menyajikan alam yang berbeda.

"Kukang diperoleh dari penyerahan warga yang menemukan satwa dilindungi tersebut. Kemungkinan karena meluapnya air di Sungai Indragiri Hulu," ujarnya.

Tim melakukan pelepasliaran satwa di tempat yang aman jauh dari pemukiman penduduk dan merupakan habitatnya, setelah sebelumnya dilakukan observasi dan perawatan. ***