BANGKINANG - Bayi yang masih baru berusia 8 bulan menambah jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Kampar, Riau menjadi 53 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kampar Dedy Sambudi kepada GoRiau.com, Selasa (4/8/2020) menjelaskan bayi inisial Rfh ini tertular dari ibunya Hks (19) yang lebih dulu tertular berasal dari Kecamatan Kampar Kiri.

''Awalnya dilakukan tes rapid sepekan lalu dengan hasil reaktif. Dilanjutkan dengan pemeriksaan swab di Kota Pekanbaru 2 Agustus 2020 dengan hasil dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Tertular dari ibunya yang juga terkonfirmasi positif pada 30 Juli 2020,'' ungkapnya.

Dengan positif bayi RFH ini, di Kampar telah terkonfirmasi 53 kasus, diantaranya masih dirawat, 21 dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia. Tambahan kasus baru itu juga menambah daftar kasus positif klaster tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di puskesmas Bangkinang Kota. Sehingga total nakes yang terkonfirmasi positif, menurut Dedy sudah mencapai 10 orang.

Selain RFH dan Ibunya Ny HKS, lima pasien lainnya diidentifikasi sebagai Tn S (40) warga kecamatan Gunung Sahilan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. S menurut Dedy memiliki riwayat keluhan demam sejak dua pekan sebelum masuk Rumah Sakit. Dia dinyatakan memiliki keluhan badan menggigil, batuk berdahak, riwayat malaria tiga tahun yang lalu dan hasil dari rontgen juga dinyatakan menderita bronchitis.

Lalu ada Ny E (35) warga Kecamatan Bangkinang Kota yang saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. E melakukan pemeriksaan tes swab pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. E disebutkan memiliki kontak erat dari pasien positif sebelumnya, Tn HM (55).

Kemudian kasus positif selanjutnya adalah Ny LRS (40) dari Kecamatan Bangkinang Kota yang dirawat di RSUD Bangkinang. LRS melakukan pemeriksaan swab di Kabupaten Kampar pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19 merupakan kontak erat dari pasien sebelumnya, Ny RIP (35).

Kasus baru selanjutnya adalah Ny RH (41) dari kecamatan Bangkinang Kota dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Bangkinang. Dirinya Melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 29 Juli 2020 dan dinyatakan positif Covid-19, merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya Ny RIP (35).

Selanjutnya adalah Tn Z (34) dari kecamatan Bangkinang dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Z yang melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 29 Juli 2020 merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya, HM (55).

Atas masih terus bertambahnya kasus baru ini, Dedy mengimbau masyarakat terus waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan kesadaran penuh. Selain itu, Diskes Kampar menurut Budy juga terus melakukan pengambilan sampel swab sebanyak 70 per hari untuk antisipasi dan pencegahan.

''Kami mengimbau semua masyarakat tetap waspada, jangan lengah. Mari Kita disiplin dan patuh melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun setiap ada kegiatan di luar dan di tempat umum. Kondisi ini belum diketahui kapan berakhir, sehingga kita dituntut untuk beradaptasi agar bisa hidup produktif dengan situasi new normal namun tetap wajib waspada,'' tegas Dedy. ***