JAKARTA - Toyota Kirloskar Motor (TKM) India bakal menyetop penjualan Urban Cruiser. Padahal mobil dari hasil rebadge Suzuki Vitara Brezza ini baru meluncur dua tahun yang lalu.

Dikutip Autohindustantimes, Minggu (20/11/2022) Toyota menghapus Urban Cruiser dari portofolio produksi di India.

"Strategi produk kami difokuskan untuk menghadirkan model berdasarkan umpan balik dari pelanggan. Kami terus mempelajari pasar untuk memahami preferensi pelanggan yang terus berubah, dan fokus untuk memberikan mereka mobil yang lebih baik dengan teknologi yang ditingkatkan dan berkelanjutan," bunyi pernyataan dari Toyota Kirloskar Motor.

"Oleh karena itu, selaras dengan filosofi ini, kami telah memutuskan untuk menghentikan Urban Cruiser, dengan keyakinan kuat bahwa jajaran produk kami yang kuat dan berkelanjutan di India akan membantu kami memenuhi permintaan di pasar," kata rilis tersebut.

Toyota Kirloskar Motor (TKM) adalah perusahaan patungan antara raksasa mobil Jepang dan Grup Kirloskar India untuk memproduksi dan menjual kendaraan Toyota di India.

Seperti diketahui sejak 28 Mei 2018, Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation sepakat untuk mulai membahas proyek bersama baru di bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan, dan pengembangan pasar.

TKM dan Maruti Suzuki bekerja sama untuk pengembangan model di India. Mobil pertama di bawah usaha patungan itu adalah Glanza (rebadge dari Suzuki Baleno) yang diluncurkan sejak 6 Juni 2019. Lalu mobil kedua adalah Urban Cruiser yang rilis pada September 2020.

Urban Cruiser merupakan versi rebadge dari Maruti Vitara Brezza. Mobil ini dijual awalnya 8,40 lakh atau sekitar Rp 161 jutaan namun seiring berjalannya waktu, Urban Cruiser ditawarkan 9,03 lakh atau sekitar Rp 173 jutaan.

Secara keseluruhan, lebih dari 65.000 unit Urban Cruiser telah terjual sejak diluncurkan. Urban Cruiser ditawarkan dengan mesin bensin 1,5 liter, 4 silinder, yang menghasilkan tenaga maksimum 103 hp dan torsi puncak 138 Nm.***