PEKANBARU - Di hari guru, seorang personel Satlantas Polres Kampar, Bribka Ralon Manurung mendapat dua penghargaan sekaligus, yakni dari Kapolda Riau dan Gubernur Riau. Apresiasi itu diraihnya karena telah berdedikasi membantu Sekolah Marginal SDN 010 Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

Pantauan GoRiau di lapangan, penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat apel di Mapolda Riau serta ditempat terpisah oleh Gubernur Riau. Bripka Marlon dinilai peduli terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah terpencil di Riau, dengan menggunakan biaya pribadi, bahkan rela menjual perhiasan istrinya untuk memenuhi kebutuhan di SDN 010 Desa Batu Sasak.

"Kepada Ralon, atas dedikasinya dan semangat tinggi dalam membantu dan membangun sekolah dasar di daerah terpencil itu, kami berikan penghargaan. Ini suatu yang luar biasa sekali, diluar tugas. Dan hari ini juga, Ralon kembali akan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Riau. Ini satu bentuk kepedulian Polri terhadap pendidikan di Indonesia," kata Kapolda Riau usai gelar apel di Mapolda Riau, Senin (25/11/2019).

Untuk diketahui, SDN 010 Desa Batu Sasak semula merupakan sekolah cabang tahun 2006. Bangunan sekolah tersebut sebelumnya, sangat marginal atau terlihat kurang layak sehingga pada tahun 2017 lalu ada sekelompok warga dari Dari Desa Batu Sasak, melakukan aksi demo di depan Kantor Gubernur Riau.

Kebetulan, saat itu Ralon tengah mengamankan lalulintas, sehingga menggugah hati Ralon untuk merealisasikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat dalam bantuan kepada sekolah tersebut. Bahkan Ralon sampai menjual perhiasan istrinya untuk mendapatkan dana demi membantu SDN 010 Desa Batu Sasak.

Sejak saat itu, kabar Ralon mulai muncul ke permukaan dan menarik perhatian Kapolda Riau dan pemerintah. ***