SELATPANJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau masih menunggu hasil seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten untuk mewakili atau mengikutsertakan kafilah dalam ajang akbar MTQ XL tingkat Provinsi Riau di Rokan Hilir (Rohil) pada 24 Juli 2022 mendatang.

Asisten 1 Setdakab Kepulauan Meranti, Irwansyah menjelaskan untuk mengirim atau ikut serta dalam MTQ Riau itu, Pemda terlebih dulu melakukan evaluasi atau seleksi dalam memilih peserta (qori dan qoriah), dengan cara melihat kemampuan peserta dalam MTQ tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada 29 Juni hingga 4 Juli 2022.

"Dari Pemda kita tidak bisa bilang tak ikut di ajang MTQ Riau nanti, kan masih lama. Jadi kita terlebih dulu melakukan evaluasi, caranya melihat peserta yang akan tampil di tingkat kabupaten dulu," jelasnya, Rabu (15/6/2022).

Irmansyah juga mengatakan dalam ajang yang besar tersebut Pemda tidak ingin mengirim peserta hanya untuk menjadi simpatisan saja, Ia berharap peserta yang dikirim nantinya memang benar-benar bisa mengharumkan nama kabupaten.

"Persiapan kita harus matang, jangan hanya jadi simpatisan saja, kalau memang dapat dari ajang kabupaten qori kita layak, kita akan memanggil pelatih qori nasional untuk melatih peserta kita," tegasnya.

Terkait galangan dana yang dilakukan beberapa organisasi masyarakat atau warga Meranti Irmansyah tidak ingin menanggapi, karena itu hak masing-masing.

"Masalah galangan dana itu bukan urusan Pemda, dan untuk masalah keikutsertaan kita dalam MTQ Riau nanti bukan masalah dana, tapi masalah evaluasi peserta yang akan mewakili Pemda Meranti," pungkasnya.***