SIAK - Dipercaya menjabat sebagai pejabat fungsional Arsiparis di Lingkungan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, Baharudin berkomitmen akan membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelola arsip ini.

Baharudin baru saja dilantik oleh Sekda Siak, Arfan Usman di gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, Senin (14/11/2020) pagi dengan disaksikan seluruh pegawai Perpustakaan Siak. 

Mantan Kabid Pelatihan dan Penempatan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Siak ini mengaku merasa beruntung mendapatkan jabatan baru ini pada usia 57 tahun atau mendekati masa pensiunnya.

"Saya ingin meningkatkan sadar tertib arsip yang dapat ditularkan dan dilaksanakan menyeluruh di unit kerja di lingkungan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak," kata Baharudin kepada GoRiau.com. 

Baharudin menceritakan pengalaman kerjanya sebelum menjabat sebagai satu-satunya tenaga Arsiparis di Kabupaten Siak. 

"Sudah 20 tahun saya bekerja. Mulanya sebagai Kasi Pendidikan, Kasi Humas Promosi Investasi, Kabid Pengendalian Rumah Sakit, Sekretaris Dinas Pariwisata Siak dan sempat pindah ke Bengkalis 3 tahun, kemudian kembali lagi ke Siak di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi," katanya.

Sementara itu, Sekda Siak, Arfan Usman dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Baharudin atas jabatan barunya sebagai tenaga Arsiparis di Lingkungan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak.

"Hari ini sudah resmi pak Baharudin meninggalkan jabatannya sebagai Kabid. Semoga dalam menjalankan jabatan baru, pak Baharudin dapat bekerja dengan maksimal," kata Arfan Usman.

Menurut Sekda, pada masa wabah pandemi Covid-19, Arsiparis dituntut dapat melaksanakan tugas dan fungsinya mengingat pentingnya arsip dalam penyelenggaraan kegiatan dan kelangsungan hidup organisasi.

"Apalagi alih media arsip dalam bentuk digital yang banyak digunakan selama masa bekerja dari rumah dijadikan sebagai bahan pengambil keputusan, bahan akuntabilitas, bukti kegiatan dan pertanggungjawaban manajemen," sebut Sekda. ***