PEKANBARU - General Manager PT Angkasa Pura II, Jaya Tahoma Sirait meminta agar manajemen Lion Air Group melakukan sosialisasi kepada penumpang terkait pemberlakuan aturan baru bagasi berbayar untuk barang bawaan penumpang maskapai Lion Air dan Wings Air. Dimana, nantinya penumpang Lion Air maupun Wings Air tidak lagi mendapat bagasi 20 kilogram (Kg) gratis.

"Itu memang sepenuhnya menjadi kebijakan mereka (Lion Air, red). Hanya saja kami meminta supaya kebijakan yang diambil itu harus disampaikan ke penumpang. Silakan sosialisasi," kata Jaya kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (9/1/2019).

Selain itu, kata Jaya, manajemen Lion Air harus memikirkan mekanisme pemeriksaan berat bawaan penumpang dan pembayarannya. Khususnya, untuk mengantisipasi penumpang-penumpang yang baru ketahuan membawa berat bawaan berlebih ketika akan masuk ke pesawat.

"Kalau disosialisasikan dari awal kan nanti mudah dikomunikasikan dengan penumpang. Jadi penumpang ada persiapan," ungkapnya.

Disamping itu, imbuh Jaya, pihak Lion Air juga perlu menambah tenaga kerja dan alat pembayaran, supaya proses pembayaran bagasi penumpang itu tuntas di checking area.

"Tidak boleh ada pembayaran di ruang tunggu. Jadi saya minta, kalau pun ada yang ketahuan berlebih barang nya saat di ruang tunggu, tolong pembayarannya diselesaikan pas tiba di bandara tujuan. Supaya tidak mengganggu penumpang lainnya," tuturnya. ***