BAGANSIAPIAPI - Selain harus memiliki kemampuan dasar memimpin, bakal calon penghulu (kepala desa) di Rokan Hilir Riau harus memiliki kemampuan khusus sesuai dengan karakteristik Rohil yang agamis yakni harus punya kemampuan mengaji.

Seperti diketahui Rokan Hilir segera menggelar pemilihan penghulu serentak yang akan dilaksanakan 23 Desember 2020 mendatang. Saat ini, mereka sedang melengkapi persyaratan salah satunya kemampuan mengaji serta seleksi pemahaman agama.

Untuk kemampuan dalam pemahaman agama ini, Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Rohil menggandeng Universitas Riau untuk menseleksi penghulu penghulu dari 12 kepenghuluan dari 8 kecamatan.

Kepala Dinas PMD Rohil, Yandra SIP, MSi, Selasa (4/8/2020) menyebutkan, dari 47 orang bakal calon, 45 diantaranya muslim dan 2 non muslim. ''Jadi yang muslim ikut seleksi baca Al Quran dan pamahaman agama,'' sebut Yandra.

''Yang non muslim juga mengikuti seleksi pemahaman agama yang dianutnya. Tahun ini Dinas PMD menggandeng Unri,'' ujar Yandra di ruang kerjanya.

Yandra SIP.MSi menuturkan dalam tes baca Al Quran atau mengaji ke 45 tersebut lulus semuanya, " Jadi lanjut tes srleksi berikutnya tertertulis meliputi Wawasan pemerintahan,kepemimpinan dan wawancara, " Terangnya.

''Besok, Rabu 5 Agustus 2020 hasil seleksi akan diumumkan, dan apapun hasilnya hendaknya diterima dengan baik oleh para bakal calon,'' harapnya.

Pemilihan penghulu serentak tahap III se-Kabupaten Rokan Hilir Riau diselenggarakan 23 September 2020 mendatang dan akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. ***