PEKANBARU - Prestasi yang membanggakan untuk Riau kembali ditorehkan oleh cabang olahraga senam Riau. Mereka berhasil mengantongi 14 medali dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pra Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dilaksanakan sejak 1-4 November 2019 di Jakarta.

Pelatih senam Riau, Ahmad Markos mengatakan, bahwa 14 medali tersebut terdiri dari empat medali emas, empat perak dan enam perunggu.

Prestasi membanggakan tersebut sekaligus mengantarkan sepuluh atlet senam artistik Riau yang terdiri dari lima putra dan lima putri lolos tampil di multi iven Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

"Alhamdulillah sepuluh artistik Riau lolos tampil di PON 2020," kata Markos saat tiba di bandara Sultan Syarif Kasim (SKK II) Pekanbaru, Selasa (5/11/2019).

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pekanbaru, Anis Murzil mengapresiasi prestasi yang ditorehkan para pesenam Kota Pekanbaru yang memperkuat Riau di ajang Kejurnas.

"Saya sangat bangga pesenam Pekanbaru dapat yang telah memperkuat Riau di ajang kejurnas," ungkap Anis.

Dirinya mengharapkan, prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan, terutama saat menghadapi PON yang akan datang. "Kita berharap prestasi ini dapat di tingkatkan lagi, dan persiapan untuk menghadapi PON di matangkan lagi," tambahnya.

Untuk diketahui, empat emas cabang olahraga senam diraih oleh M, Tri Saputera di alat serba bisa, Agung Suci Tantio Akbar di alat Palang Sejajar, M Aprizal di alat kuda lompat dan Beregu putra diperkuat oleh M Tri Saputera, Agung Suci Tantio Akbar, M Aprizal, Deddy Apriandi dan Ibra Elbani.

Kemudian empat perak diraih oleh M Tri di alat kuda plana, Agung Suci Tantio di alat serba bisa, M Aprizal di alat ring dan Ibra Elbani di alat palang tunggal.

Selanjutnya enam perunggu diraih oleh diraih Agung Suci Tantio di alat palang tunggal dan Pomel, dan masing-masing satu perunggu diraih oleh M Tri di alat palang sejajar, M Aprizal alat lantai, Puja alat Floor dan beregu putri atas nama Ratisa, Rara, Puja, Meta dan Giany.***