BENGKALIS- Pada hari keempat lebaran, antrean kendaraan roda dua dan roda empat di pelabuhan roro Air Putih, Bengkalis maupun Sei Selari, Bukit Batu membludak hingga keluar terminal.

Sejak Rabu pagi (28/6/2017), ratusan kendaraan roda dua dan roda empat mengantre di pelabuhan roro Air Putih, Bengkalis. Untuk roda empat penuh sesak memadati terminal keberangkatan. Sementarian roda dua meluber keluar terminal memakan badan jalan menuju terminal.

Menurut petugas Dinas Perhubungan Bengkalis, antrean seperti ini sudah terjadi sejak hari kedua lebaran. Meskipun ada empat armada roro yang beroperasi, namun tetap tidak mampu membendung antrean panjang.

"Kalau antrean roda empat tidak sampai membludak keluar terminal. Namun untuk roda dua antrean sampai ke jalan,'' jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis, H Ja'afar Arief juga membenarkan terjadi lonjakan penyeberangan sejak hari kedua lebaran. Lonjakan terjadi di Sei Selari maupun Air Putih.

Mengatasi lonjakan arus kendaraan, Dishub telah menambahan trip penyeberangan hingga jam 2 malam setiap harinya.

Ditambahkan Ja'afar, membludaknya antrean kendaraan bukan karena arus balik atau arus mudik lebaran. Melainkan masyarakat yang hendak berpergian lebaran.

"Mereka yang menyeberang ini merupakan masyarakat Bengkalis baik dari Lubuk Muda Siak Kecil, Pakning maupun Rupat yang hendak beraya ke rumah keluarga di Pulau Bengkalis. Mereka menyeberang untuk berlebaran kemudian petang balik kembali menyeberang pulang," ungkapnya.

Ja'afar memprediksi puncak arus balik terjadi Sabtu hingga minggu mendatang. <>*** #BENGKALIS