JAKARTA - Andi Herman sebagai Chef de Mission (Cdm) Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XI tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Kota Surakarta dan sekitarnya pada tanggal 30 Juli-6 Agustus 2022. Penunjukan itu dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali.

“Saya sudah mengeluarkan keputusan atas usulan dari Ketum NPC (National Paralympic Committee) bahwa yang menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia adalah bapak Andi Herman,” kata Menpora Amali usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan kementerian dan lembaga terkait membahas persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI tahun 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (28/6/2022).

Adapun alasan dibalik penunjukan pria yang kini menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah karena dianggap berpengalaman dan pernah menjadi CdM kontingen Indonesia pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, alasan lainnya adalah karena kegiatan ini diselenggarakan di Surakarta dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

“Jadi kita persiapkan kembali pak Andi Herman, kebetulan sekarang beliau adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah,” ucapnya.

“Karena kegiatan dilaksanakan di sana (Suarakarta). Beliu menjadi CdM waktu di Jepang (Paralimpiade) dan anak-anak (atlet paralimpik) sangat akrab dengan dengan beliau,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada Paralimpiade Tokyo 2020 lalu, dibawah komando Andi Herman Indonesia berhasil membawa pulang 9 medali yang terdiri dari 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Hasil ini membuat kontingen Indonesia menempati peringkat ke-43 dunia. ***