DURI - Sesuai harapan semua pihak, para pedagang kaki lima (PKL) yang menduduki ruas Jalan Jendral Sudirman Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau akhirnya sepakat untuk pindah ke Pasar Sultan Syarif Kasim (SSK).

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Bengkalis, Rianto SH dalam rapat kordinasi yang dihadiri Camat Mandau, Djoko Edy Imhar, Danramil 04 Mandau Kapten Inf Y Mendrofa, Anggota DPRD Bengkalis, Lurah serta instansi terkait UPT Dinas Passar, UPT Dinas Perhubungan, Satpol PP serta perwakilan PKL dan pemilik toko di Pasar Duri.

"PKL sudah sepakat pindah ke pasar SSK dengan syarat semua fasilitas dan sarana di pasar SSK sudah lengkap. Selanjutnya tidak ada lagi kutipan-kutipan seperti uang keamanan dan sewa kios. Pasar basah serta penjual barang dan bahan kebutuhan sehari-hari juga harus mengisi tempat di pasar SSK," ujar Rianto kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Sesuai peruntukannya, lanjut Rianto, Dinas Pasar juga harus menyiapkan tata tempat atau kios dengan baik dan rapi. Misalnya seperti parkir, tempat bongkar muat barang serta limbah yang pasar yang akan berpengaruh pada dampak lingkungan.

"Jika memang betul nanti pasar SSK ini akan diresmikan tanggal 12 Oktober, maka dinas terkait saat ini harus sudah siap dengan tata letak kios. Pembagiannya harus diundi dengan baik, dan tidak ada lapak yang dijual," imbuhnya lagi.

Mengenai parkir di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Rianto meminta Dinas Perhubungan dapat mengatur dengan baik agar tidak parkir berjamaah dan kembali menyempitkan ruas Jalan.

"Khusus yang di depan Masjid Jami', angkutan umum juga menjadi penyebab kemacetan Jalan. Maka Dishub perlu dilakukan kordinasi dengan Organda. Tidak hanya Satpol PP yang berhak menegur PKL yang masih berjualan di badan Jalan, Dishub juga punya kewenangan," sebut Rianto. ***