BENGKALIS–Guna mencukupi kebutuhan energi listrik di Pulau Bengkalis dan sekitarnya, akan dibangun akan dibangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas 8 Megawat.

Menurut rencana PLTS berskala besar itu dibangun di 2 titik, Desa Ketam Putih dan Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis.

Rencana tersebut terungkap saat Plh Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra menerima kunjungan PT Prima Khatulistiwa Sinergi di Ruang Rapat Wakil Bupati Bengkalis, Jumat (28/8/2020).

Prima Khatulistiwa Sinergi merupakan perusahaan asal Pekanbaru yang bergerak di bidang energi bekerjasama dengan partner perusahaan asing asal Jepang yang bergerak di bidang energi terbaru, berkontribusi dalam usaha peningkatan ketersediaan listrik melalui pemanfaatan energi baru khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Provinsi Riau.

Direktur PT Prima Khatulistiwa Sinergi, Alexander dalam paparan menyampaikan PT. AfterFIT Jepang di Indonesia memilih tiga daerah di Riau yaitu Tanjung Buton di Kabupaten Siak, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Bengkalis di Pulau Bengkalis sebagai pembangkit listrik tenaga surya berskala besar.

“Dipilihnya Kabupaten Bengkalis sebagai pembangkit listrik tenaga surya, tentu memiliki alasan tersendiri. Diantaranya tingginya tingkat radiasi cahaya matahari di daerah ini, ketidakstabilan suplai listrik dan  saat ini di Kabupaten Bengkalis belum ada jaringan terkoneksi dari Sumatera atau belum ada pengontrol jumlah daya dari PLN. Sertanya adanya kecenderungan tentang kenaikan kebutuhan listrik terutama di Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

"Nantinya PT. AfterFIT Indonesia akan masuk dan membuat satu perusahaan khusus untuk masing-masing daerah bersama partner lokal dan investor lain apabila ingin bergabung," tutupnya.

Pemkab Bengkalis mengapresiasi dan mendukung atas rencana PT. Prima Khatulistiwa Sinergi membangun PLTS. Tentunya kehadiran perusahaan ini di pulau Bengkalis akan memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat lokal.

"Kita akan membantu mempermudah proses administrasi dan perizinan terkait program-program yang akan dicanangkan di Pulau Bengkalis, yakni tenaga surya 8 megawat yang terdapat dua titik di Kecamatan Bengkalis, Desa Ketam Putih dan Desa Simpang Ayam," ungkap Heri.

Hadir dalam pertemuan itu Sekretaris Bappeda Rinto, Sekretaris DPMPTSP Fahrizal, Kabag SDA Mulyadi, Kasubbag Kerjasama Zulham Putra, Kasi PSSU Dinas Perkim Fahrizal dan
Kepala Desa Simpang Ayam Mujiono.***