SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH mengikuti acara Zikir Akbar bersama warga Desa Topang. Kegiatan dalam rangka rasa syukur masyarakat Topang atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT itu, dipusatkan di Lapangan Merdeka, Desa Topang, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Minggu (4/4/2021).

Hadir dalam acara itu, Ketua Tariqoh KIyai Abdul Ghofar Al-Hafiz, Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Bayu Widodo, Plt Kabag Kesra Alfian, Camat Rangsang, Tengku Arifin, Humas dan Protokol Meranti dan lainnya.

Dalam sambutannya, Kiyai Abdul Ghofar mengatakan kegiatan Zikir Akbar di Topang yang telah menjadi agenda tahunan ini adalah bentuk syukur masyarakat Topang atas rahmat dan kasih sayang allah SWT dan mendapatkan shafaat dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

"Semoga dengan zikir ini nikmat Allah senantiasa berlimpah kepada masyarakat, dijauhi dari mara bahaya dan mendapatkan shafaat dari Rasulullah," ucap KH Abdul Ghofar.

Lebih jauh dijelaskan Kiyai Abdul Ghofur, zikir pada hakekatnya adalah mengingat Allah SWT, dan bagi masyarakat khususnya Jemaat Tariqot harus senantiasa berzikir sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan.

"Karena barang siapa yang mengingkari nikmat allah maka akan diberikan azab yang pedih," ucapnya.

Dalam kegiatan itu, digaungkan bacaan Istiqosah ditambah shalawat yang banyak yang diyakini akan mampu memantapkan iman siapa saja yang membacanya.

Menyikapi kegiatan tersebut, Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil, mengucapkan apresiasi kepada penyelenggara karena kegiatan zikir sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah ini sangat penting, agar nikmat Allah senantiasa diberikan bukan saja bagi warga Desa Topang tapi juga kepada masyarakat Meranti sehingga mampu menjadi negeri yang Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Selanjutnya, Bupati Adil juga memaparkan beberapa program strategisnya untuk membangun Meranti menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Diantaranya adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar tercipta SDM yang cerdas yang mampu membangun Meranti disegala bidang. Melalui pemberian beasiswa gratis bagi anak-anak Meranti yang cerdas untuk melanjutkan pendidikan SI, S2 hingga Doktoral.

"Untuk menyekolahkan anak-anak Meranti ini kita sudah menganggarkan dana sebesar 12.5 Miliar," jelas Bupati Adil.

Program selanjutnya adalah akan memberikan sepeda gratis kepada siswa SD Kelas 4,5,6 dan SMP sebagai penunjang mobilitas proses belajar mengajar. Bukan itu saja Bupati juga berencana akan memberikan baju, tas dan peralatan belajar kepada siswa SD yang baru masuk sekolah.

Kemudian bagi para Imam Masjid dan Mushola Bupati berencana akan memberangkatkan Umroh gratis dan pemberian honor bulanan. Untuk honor bulanan juga akan diberikan kepada para Gharim dan Guru mengaji di masjid agar lebih bersemangat untuk membangkitkan kembali kegiatan maghrib mengaji.

"Kita akan memberangkatkan para Imam Masjid dan Mushola yang ada di Meranti, kita berharap dengan doa para Imam Masjid di tanah suci nanti mampu menjadikan Meranti negeri yang sejahtera," ujarnya.

Yang istimewa kepada Hafiz Quran 30 Juz Pemkab Meranti dikatakan Bupati akan membantu biaya kuliah sesuai dengan bidang yang diminati seperti dari Kedokteran dan lainnya.

Kegiatan Zikir Akbar Desa Topang yang berlangsung khidmat ditutup silahturahmi ucapan salam dari bupati dan rombongan.***