PEKANBARU - Pemandangan berbeda terlihat saat melintas di depan Kantor Walikota Pekanbaru, Jalan Sudirman, Pekanbaru-Riau. Tugu Adipura yang berdiri di seberang kantor orang nomor satu di Pekanbaru itu diduga dirusak oleh tangan-tangan jahil.

Menurut salah seorang warga, Haris kepada GoRiau.com, Selasa (12/7/2016) siang, tugu yang dibangun pada masa Herman Abdullah itu sudah terlihat rusak sejak beberapa hari ini. "Sejak beberapa hari lalu saya lihat tugunya sudah bolong-bolong," ujarnya.

Pantauan GoRiau.com di lapangan, tugu berbentuk segitiga itu sudah dalam keadaan rusak dan enam lempengan yang terdiri dari tiga lempengan bulat dan tiga lempengan berbentuk persegi panjang sudah dilepas, hingga menyisakan lobang pada tugu tersebut.

Sementara itu, Kassubag Humas Polresta Pekanbaru, Ipda Letman Z, saat dikonfirmasi Selasa (12/7/2016) siang, mengungkapkan jika hingga saat ini belum ada laporan ke Polresta Pekanbaru terkait dugaan pengerusakan tugu adipura tersebut. "Sampai saat ini belum ada laporan yang masuk ke kita (Polresta, red)," tukas Letman.

Sebelum ditemukan dalam keadaan rusak, beberapa waktu lalu, tepatnya 27 Juni 2016 puluhan massa menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Walikota Pekanbaru menuntut penyelesaian masalah sampah di Kota Pekanbaru dan dalam aksinya, para pendemo dengan sengaja membungkus tugu adipura menggunakan kain hitam.***