DURI - Tidak hanya pemerintah Kabupaten Bengkalis saja yang gencar mempromosikan destinasi wisata Pulau Rupat demi tercapainya 20 juta pengunjung wisatawan mancanegara ke Indonesia. Bahkan masyarakat Rupat sendiri juga ingin daerah mereka dikenal oleh para pelancong.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bengkalis, Eduar saat dikonfirmasi GoRiau.com mengenai persiapan acara festival pantai pada 15-17 Juli mendatang, mengatakan sudah hampir 80 persen.

Menariknya lagi, dari kegiatan yang sudah disusun oleh Disbudparpora Bengkalis yaitu, lomba speed pancung, parade kapal hias, lomba windsurfing, lomba mencari kepah dan aksi menanam pohon, tari zapin api, atraksi seni budaya, ada lagi kegiatan menarik yang sudah dipersiapkan warga Rupat untuk memeriahkan acara tahunan itu, yakni Panjat pinang tradisional diatas pasir pantai.

"Warga juga ikut berpartisipasi membuat suatu kegiatan agar pengunjung yang datang ke wilayah mereka, pulang dengan kesan yang bagus dan berniat untuk kembali lagi membawa lebih banyak lagi wisatawan datang ke Rupat," ujar Eduar, Selasa (12/7/2016).

Festival pantai Rupat yang akan dibuka oleh Gubernur Riau ini akan diselenggarakan di Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Moment acara tahun ini juga bertepatan dengan masih ada sebagian sekolah yang libur dan efektif belajar Senin depan. Orang Riau yang belum pernah ke Rupat Utara juga akan penasaran dengan pasir putih dan air laut yang biru," tutup Eduar sembari mengajak masyarakat Riau untuk meramaikan festival Pantai Rupat tahun 2016 ini.***