PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Derasnya aliran Sungai Rokan Kiri yang dipicu tingginya intensitas curah hujan di Kabupaten Rokan Hulu dalam sepekan terakhir, menyebabkan terjadi abrasi di Desa Kota Intan, Kecamatan Kuntodarussalam, Rokan Hulu, Riau. Abrasi juga menyebabkan tiang listrik tumbang sehingga sebanyak 972 KK harus bergelap-gelapan karena listrik mati total.

Salah seorang Warga Kota Intan, Sulaiman mengatakan, tumbangnya tiang listrik tersebut karena terbawa arus sungai.

Abrasi diperkirakan lebih dari 100 meter, bahkan memutus jalan dan jembatan serta pohon besar juga ikut roboh yang dulunya berada di antara dua daratan di desa tersebut. ''Kami tak dapat aliran listrik karena 2 tiang tumbang,'' sebut Sulaiman, Sabtu (29/11/2014).

Menurut Sulaiman didampingi warga lainnya, awalnya air Sungai Rokan Kiri hanya menggerus sebagian daratan saja namun terus membesar hingga memutus jalan dan jembatan.

Menyikapi peristiwa itu, Wakil Bupati Rokan Hulu Hafith Syukri langsung meninjau lokasi abrasi, Ia pun berjanji untuk segera melakukan tindakan.

''Salah satu upaya yang kita lakukan yaitu secepatnya membangun sedotan untuk mengurangi derasnya hantaman air ke pemukiman warga,'' tanggap Hafith Syukri. Saat ini warga yang berada di daerah itu terisolir sebagian telah dievakuasi. (ram)