AGAM - Tim gabungan akhirnya berhasil menemukan Kalidun Datuak Malaka yang hilang di Hutan Saluak yang berada di Jorong Sigiran, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar). Kakek berusia 80 tahun ini ditemukan dalam kondisi lemas di dalam hutan.

Dikutip dari Langgam.id, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam, Wahyu Bestari mengatakan, korban ditemukan berjarak sembilan kilometer dari kediamannya. Saat itu, korban tanpa mengunakan pakaian.

Korban selama dalam perjalanan di dalam hutan, katanya, melepaskan pakaian yang dikenakannya. Ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa pakaian korban sehari sebelum korban ditemukan tim gabungan.

“Korban ditemukan pukul 12.50 WIB sekitar sembilan kilometer dari rumah korban di Lakuak, Jorong Batu Ajuang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya,” ujar Wahyu dihubungi langgam.id, Kamis (24/10/2019) siang.

Ia mengungkapkan, korban saat ini sudah dievakuasi dan dilarikan ke Puskesmas Tanjung Raya. Korban terpaksa harus mendapatkan perawatan tim medis karena kondisinya yang lemas, diduga tidak makan selama hilang.

“Ini kerja sama dua camat dan tim gabungan yang terdiri dari tim BPBD, Basarnas, Satpol PP Damkar, KSB Balingka. Kami sudah serahkan korban ke Camat Tanjung Raya yang nantinya kemudian akan diserahkan ke pihak keluarga,” katanya.

Sebelumnya, Kalidun dikabarkan telah hilang sejak Minggu (20/10/2019) pagi. sebelum dinyatakan hilang, korban sempat dilihat oleh warga setempat. Bahkan telah disuruh pulang namun tidak mau. Diduga, korban tersesat dan lupa jalan keluar dari hutan belantara. (irw/lgm)