JAKARTA -- Jumlah kabupaten/kota yang berstatus zona merah Covid-19 di Tanah Air menurun pada pekan ini bila dibandingkan pekan lalu.

Dikutip dari detikcom, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, pekan lalu ada 11 daerah berstatus zona merah, pekan ini hanya 6 daerah.

''Dari 11 kabupaten/kota di minggu lalu, menjadi hanya 6 kabupaten kota di minggu ini,'' ujar Prof Wiku terkait perkembangan zona merah Corona dalam konferensi pers Selasa (20/4/2021).

Dituturkannya, penurunan jumlah zona merah Covid-19 salah satu perkembangan yang baik. Namun, warga tetap harus waspada lantaran zona oranye atau wilayah risiko sedang Covid-19 tercatat meningkat.

''Yang harus jadi perhatian utama adalah masih tingginya jumlah kabupaten dan kota di zona oranye, yang minggu ini naik dari 316 kabupaten/kota menjadi 332 kabupaten/kota,'' jelasnya.

Sementara jumlah zona hijau Covid-19 masih sama seperti sebelumnya yaitu 8 wilayah nol kasus, dan 1 wilayah yang tak terdampak Covid-19 sejak wabah merebak di Indonesia.

Berikut data daerah zona merah dan zona hijau Covid-19 per 18 April 2021:

Zona merah Covid-19:

Sumatera Selatan

- Kota Palembang

Sumatera Barat

- Solok

Sulawesi Tengah

- Buol

Riau

- Kota Pekanbaru

Nusa Tenggara Timur

- Sumba Timur

Kalimantan Tengah

- Kota Palangkaraya

Zona hijau Covid-19 (tidak ada kasus)Sumatera Utara:

-Nias Barat

- Nias Utara

- Nias Selatan

Papua Barat

- Pegunungan Arfak

Papua

- Yahukimo

- Mamberamo Raya

Maluku Utara

- Pulau Taliabu

Maluku

- Seram bagian Timur.***