PEKANBARU - 250.000 kepala keluarga (KK) terdampak pandemi COVID-19 di Provinsi Riau akan mendapatkan Bantuan Sosial (bansos) tunai sebesar Rp600.000 per KK.

"Bansos tunai tersebut akan diberikan sebesar Rp600.000 per KK untuk tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni 2020 guna meringankan beban ekonomi mereka," kaya Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, Dahrius Husin kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (16/4/2020).

Dahrius mengatakan kewenangan penyaluran dan usulan KK yang berhak menerima Bansos tersebut tergantung pada kabupaten kota yang mungkin menggunakan data terpadu, namun tetap by name by addres dan NIK.

Untuk itu, Dahrius menghimbau pemerintah kabupaten kota secepatnya menyampaikan datanya ke Kemensos agar pencairan Bansos itu dapat dilakukan segera.

"Kalau sudah disampaikan ke Kemensos, tentu persetujuan dari Provinsi juga disegerakan karena itu akan dibayarkan mulai April ini," kata Dahrius.

Dia mengingatkan warga yang mendapatkan bensos tunai ini adalah warga yang sebelumnya tidak mendapatkan kartu pra kerja, menerima PKH, dan sembako.

"Silahkan mengusulkan, jika dirasa warga tersebut merupakan masyarakat terdampak, silahkan saja daftar, Kabupaten kota diberi kebebasan. Asalkan jangan tumpang tindih," ujarnya.

Terkait pengambilan bansos tunai ini, dapat dilakukan pada kantor Pos dan Bank yang telah ditunjuk. (ant)