PEKANBARU - Sekolah gratis untuk tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN), nampaknya bukan hisapan jempol belaka. Hal itu dibuktikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar yang memasukan anggaran tersebut dalam APBD Riau 2020.

Bahkan, pesan itu disampaikan Syamsuar dalam akun media sosialnya, sebagaimana dikutip GoRiau.com, yang bertuliskan

"Alhamdulillah...saye nak berbagi kabar mewah.

Seiring dengan telah disahkannya APBD Riau 2020, mulai tahun depan seluruh biaya sekolah anak-anak kita jenjang pendidikan SMAN dan SMKN, DIGRATISKAN.

Mari sama-sama kita kawal proses pelaksanaannya, dan pastikan anak-anak kita mendapatkan hak meraih pendidikan setinggi-tingginya."

Demikian tulis Syamsuar secara singkat dan jelas. Hal itu mendapat respon postitif dari warganet. Bahkan postingan Syamsuar tersebut sudah dibagikan sebanyak 500 kali lebih di Facebook. Bahkan, sudah ribuan warganet yang menyukai postingan itu, dengan ratusan komentar.

Program menggratiskan sekolah tingkat menengah atas ini, kata Syamsuar kepada GoRiau.com, dimaksudkan untuk membantu biaya pendidikan anak-anak yang kurang mampu di Riau.

"Banyak anak putus sekolah karena tidak mampu bayar sekolah. Jadi ini memang harus menjadi prioritas tahun depan," ungkap Syamsuar.

Sementara itu, saat disinggung soal uang komite yang selama ini menjadi persoalan di sekolah, orang nomor satu di Riau ini dengan tegas menyatakan uang komite tersebut nanti akan diganti dengan uang pemerintah daerah.

"Jadi nanti dana BOSDA ditambah lagi untuk menutupi itu (uang komite, red). Supaya nanti tidak memberatkan sekolah," jelas Syamsuar. ***