PEKANBARU, GORIAU.COM - Sukses mengelenggarakan angkutan massal, Trans Metro Pekanbaru, kembali menambah rute baru agar seluruh masyarakat Pekanbaru terlayani. Rute atau koridor baru yang akan dimulai tahun 2013 adalah koridor Panam, Pelabuhan Sungai Duku, Perumahan Peputra, Jalan Riau, serta koridor daerah Rumbai, Sebelumnya Pemko sudah memiliki dua koridor yakni Pandau - Kota dan Kulim-Kota.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi (Diskominfo) Pekanbaru Dedi Gusriadi, Selasa (11/12/2012) mengatakan, untuk penambahan lima koridor ini, pihaknya mengajukan anggaran Rp5 miliar guna melengkapi sarana dan prasarana seperti halte dan perangkat pendukung.
 

"Tahun 2013 mendatang, Dishubkominfo Pekanbaru tidak mengelola operasional TMP (trans metro Pekanbaru) karena saat itu sudah dialihkan pengelolaannya kepada BUMD Pembangunan Daerah (PD) yang nantinya akan membentuk Perseroan Terbatas (PT) yang ditunjuk mengelola. Namun, kita tetap anggarkan Rp5 miliar," katanya.
 

"Nantinya akan ada penambahan 82 halte yang permanen, serta 100 halte yang portable. Untuk pembangunan itulah dianggarkan melalui APBD tahun 2013 yang mudahan nantinya tidak dicoret. Karena yang kita lakukan ini sesuai dengan apa menjadi keinginan masyarakat memberi pelayanan," katanya.
 

Disinggung akan halnya penambahan unit bus TMP seiring bertambahnya koridor ? Dedi dalam hal ini menjelaskan, memang nanti terjadi penambahanya sebanyak 70 unit bus TMP, seiring dengan pembukan koridor baru. Tetapi, dalam pengadaan bus-bus itu tidak menjadi tanggungjawabnya Dishubkominfo Pekanbaru.
 

"Kalau masalah penambahan unit bus TMP dari yang ada sekarang, tentunya sudah pasti. Dimana akan ada penambahan sebanyak 70 unit. Tapi yang menyediakan itu pihak BUMD PD yang bekerjasama secara konsorsium dengan sejumlah PO. Artinya, itu tidak menjadi kewenangan dari Dishubkominfo Pekanbaru," ujarnya. (rdi)